Selasa, 09 September 2014

RPG battle template

Halo semuanya, apa kabar? Senang sekali rasanya bisa kembali ke blog ini dan menulis sesuatu. Rasanya sudah lama aku nggak menulis update untuk blog ini, jadi untuk menebus dosa aku ingin mengabari kalian sesuatu.

Baru-baru ini Scirra (pembuat Construct 2) menambahkan fitur baru di situs mereka, yaitu Store (https://www.scirra.com/store ). Di sini, orang-orang bisa berjualan berbagai macam asset yang bisa digunakan untuk membuat game, atau lebih tepatnya membuat game dengan Construct 2 (aku nggak pernah melihat ada yang memakai asset di sini untuk membuat game dengan tool selain Construct 2, walaupun mungkin saja ada). Setelah tahu ada fitur ini aku jadi berpikir: "Hei, kenapa aku nggak menjual sesuatu di sini?", lagipula aku juga ingin membuat sesuatu yang nantinya bisa membantu orang mewujudkan game mereka.

Jadilah aku membuat sesuatu yang paling jago kubuat: RPG. Tapi karena kelihatannya bakal susah untuk membuat RPG template, aku memulai dengan yang kecil dulu: battle template. Karena game besar seperti RPG sebenarnya adalah kumpulan dari bermacam-macam subset kecil (sisi pertarungan adalah salah satu subset itu), jadi mungkin saja suatu saat nanti aku membuat bagian RPG yang lain, atau malah membesarkan battle template ini, who knows? Tapi sekarang ini aku ingin membuat battle template dulu.

 photo pic12.png

Jadi begitulah tampilan awalnya, secara default pertarungannya adalah 3 lawan 3 secara turn-based. Karakter party pemain ada di sisi kanan sementara party musuh ada di sebelah kiri. Sekarang ini semuanya masih menggunakan sprite yang sama, tapi siapapun yang memakai template ini nantinya tinggal mengganti sprite saja.



Sekarang ini sudah ada dua hal yang selesai: mekanisme giliran untuk turn-based, dan animasi serangan. Template ini masih belum menghitung damage berdasarkan status karakter, karena aku masih belum memutuskan formula perhitungan damage.

 photo pic13.png


yeah, jadi sewaktu menyerang karakter nggak akan maju sampai benar-benar di hadapan musuh, tapi hanya maju sedikit lalu berganti animasi menyerang. Sebenarnya aku berencana mengganti animasi musuh yang diserang, atau paling nggak membuat musuh yang diserang menjadi flashing, supaya kita tahu musuh mana yang diserang. Tapi kelihatannya aku lupa menambahkannya, jadi itu nanti akan kutambahkan.

Untuk AI musuhnya, mereka memilih target yang diserang berdasarkan aggroLevel karakter di party pemain. Tiap-tiap karakter punya aggroLevel mereka masing-masing yang akan berubah-ubah tergantung apa yang mereka lakukan. Musuh akan menyerang karakter yang punya aggroLevel tinggi.

Untuk sekarang ini, hal-hal yang meningkatkan aggro adalah:

  • ketika karakter menyerang
  • ketika karakter menggunakan skill yang meningkatkan aggro
contoh skill yang bisa meningkatkan aggro diri sendiri adalah provoke atau taunt, dan karakter yang menggunakan skill itu akan punya kemungkinan lebih besar untuk diserang musuh. Selain hal-hal yang meningkatkan kemungkinan diserang, ada juga hal-hal yang menurunkan kemungkinan karakter diserang, yaitu:
  • ketika karakter diserang
  • ketika karakter bertahan
  • ketika karakter menggunakan skill / sihir
  • ketika karakter menggunakan item
karakter yang diserang akan berkurang aggroLevel karena aku nggak ingin satu karakter dihajar habis-habisan sampai dia mati. Yang masih belum fixed adalah poin ketiga: ketika karakter menggunakan skill / sihir. Soalnya kalau begini nantinya penyihir jadi ngga diserang sama sekali oleh musuh, jadi ini mungkin berubah tapi sementara begini dulu.

Untuk sekarang ini karakter dan juga musuh baru cuma bisa menyerang dan belum bisa memakai skill, bertahan, ataupun menggunakan item. Mungkin itu akan masuk to-do-list berikutnya. Akan kukabari kalian kalau ada update baru lagi tentang template ini, sampai ketemu lagi!

1 komentar:

  1. ada tutorial pembuatan game rpg dari awal sampai akhirny bang buat construct 2

    BalasHapus