Jumat, 21 Agustus 2015

Scirra merilis versi stable terbaru dari Construct 2

Halo semuanya! Sudah agak lama aku nggak menulis update baru di blog ini, malah sudah hampir sebulan lamanya. Alasannya karena aku kebetulan lagi nggak ada ide buat nulis, jadi bayangkan betapa senangnya aku sewaktu tahu kalau Scirra merilis versi baru dari Construct 2! Akhirnya ada bahan nulis kan?

Ini adalah versi stable terbaru sesudah beberapa update sebelumnya adalah rangkaian beta update. Ada banyak perkembangan dan bug fix setelah versi stable sebelumnya, beberapa diantaranya adalah:
  • Tambahan Edge browser sebagai preview browser
  • Construct 2 splash loader
  • Tambahan video plugin
  • Menambah kompatibilitas dengan Edge, seperti dukungan XML dan video
Tapi buat aku sendiri ada dua hal yang membuat versi stable ini sangat (amat) bagus: Scirra arcade plugin, dan export ke Windows 10 universal apps. Mungkin kamu belum tahu tapi sejak dulu Scirra sudah punya sebuah halaman arcade di situs mereka yang bisa digunakan untuk meng-host game HTML5 yang dibuat dengan Construct 2. Tapi dulu versi arcade ini jelek, apalagi game yang di-host tidak boleh memakai plugin 3rd party.

Sekarang Scirra arcade sudah dirombak dari awal (kayaknya sih dari awal, tapi yang penting sih diperbarui). Versi arcade yang sekarang sudah lebih bagus dan game yang akan di-host di arcade sudah bisa memakai plugin 3rd party. Ini hal yang bagus karena plugin 3rd party sudah banyak memberikan fitur-fitur tambahan ke Construct 2, dan ini akan menambah kualitas game yang di-host di Scirra arcade. Satu hal bagus lainnya adalah: Scirra arcade sudah men-support leaderboard. Jadi, kalau kalian ingin menambahkan fitur leaderboard ke game kalian, kini Scirra sudah men-support itu.

Satu hal lagi yang aku suka adalah: export ke Windows 10 universal apps! Kalau kamu belum tahu, universal apps adalah aplikasi Windows 10 yang bisa jalan di platform Windows 10 manapun, baik itu Windows phone 10, Windows 10 desktop, atau pun... (dan ini bagian kerennya) Xbox! Yap, game buatan kalian bisa saja jalan di Xbox One!

Tentu saja masih belum ada kejelasan dari pihak Microsoft tentang hal ini, apakah kita membutuhkan semacam developer account untuk konsol atau kita perlu dev kit tertentu. Tapi yang jelas, kemungkinan untuk merilis game di Xbox One sudah ada! Jadi, kalau kamu ingin membuat game untuk konsol dan tidak jago programming, ini saatnya mencoba Construct 2!

Jumat, 31 Juli 2015

Diamant magical star guardian update

Pada hari ini aku baru saja menyadari satu hal: aku belum nge-blog selama bulan Juli! Kenapa? Kok bisa! Apakah mungkin karena kombinasi dari bulan puasa + libur lebaran mengakibatkan blog ini sampai vakum? Yah, karena sebab itulah aku akan menulis hari ini, tentang apa? Tentang game.

Proyek magical star guardian sudah ada kemajuan walaupun tidak secepat yang diharapkan, mungkin karena terhalang libur lebaran ya? Tapi mulai kali ini diharapkan perkembangannya akan semakin cepat. Kali ini game sudah tidak memakai karakter placeholder untuk Diamant dan juga musuhnya, mereka berdua juga sudah punya beberapa animasi, seperti: idle / diam, menyerang, terluka / diserang, mati.

Selain itu kita juga sudah mengganti font yang digunakan dalam game, dan juga ada sedikit perubahan gameplay. Beberapa level akan punya lebih banyak gems daripada level yang lain, ini berguna kalau melawan musuh yang lebih kuat.

 photo screen 12.png
Tampilan baru
Jadi selain update di bagian visual, game ini juga mendapat bug fix dan beberapa pembaruan di kodenya. Sebagai programmer, aku melihat kalau game ini sendiri sudah hampir selesai, karena kode untuk level-nya bisa dipakai berulang-ulang untuk level-level selanjutnya hanya dengan mengganti beberapa parameter. Jadi untuk level-level berikutnya aku cuma tinggal menunggu karakter baru dari para artist untuk ditambahkan ke dalam game.

Oh iya, nantinya juga bakal ada karakter lain di game ini selain Diamant, jadi kita juga perlu character select screen juga. Yah, mungkin tugasku sebagai programmer tinggal menambah beberapa layar dalam game plus bug fixing. Semoga game ini cepat selesai!

 photo screen 14.png
Gambar penutup

Senin, 29 Juni 2015

Update game baru!!

Halo semua, ternyata sudah lama juga ya aku nggak nulis update di blog ini. Maaf kalau saya khilaf, tapi saya mencoba memperbaiki kesalahan kok. OK, untuk sekarang bagaimana kalau aku menulis tentang game terbaru yang sedang kubuat?

Di tulisanku sebelumnya, aku menyebut kalau game-nya dibuat dengan Unity3D, tapi sekarang sudah berubah. Aku masih mempelajari Unity3D dan masih belum benar-benar menguasainya. Jadi, untuk game kali ini akan tetap dibuat dengan Construct 2. Genrenya sendiri masih nggak berubah (terlalu jauh), kita masih membuat game puzzle casual. Dan untuk sekarang ini sudah jadi bentuk prototip, dengan aset-aset awal.

 photo screen 1.png

Inilah game yang sedang kami buat, diamant magical star guardian. Judulnya masih bisa berubah kemudian, karena kayaknya judulnya ini terlalu imut. Gameplay-nya sendiri kita akan men-swype gem di layar hingga terhubung tiga buah, kalau sudah terhubung tiga gem atau lebih maka kita akan menyerang musuh.

 photo screen 5.png
Sebelum swype


 photo screen 6.png
Sesudah swype
Musuhnya juga masih aset sementara, dan masih bisa diganti lagi nanti. Oh iya, satu kabar lagi: kami akan ikut lomba game dengan game bikinan kami ini. Nama kompetisinya Ignite Game Development Challenge (atau semacam itu), dan kami punya waktu sampai tanggal 15 agustus untuk menyelesaikan game ini.

Kelihatannya waktu yang lama sih, tapi mengingat ada libur lebaran, sepertinya waktunya agak sempit. Apakah kami berhasil melalui tantangan ini? Tunggu saja di blog post beirkutnya!

Jumat, 15 Mei 2015

Mencoba engine baru, dengan Unity

Oke, jadi aku sudah gabung dengan tim baru dan kita juga sudah mulai mendesain game baru yang akan kita bikin bersama. Game yang akan kita buat adalah game puzzle casual untuk mobile. Judul masih belum ditentukan tapi garis besar gameplay sudah dimengerti oleh kita semua. Sebenarnya untuk membuat game ini, bisa saja aku pakai Construct 2, karena memang aku sudah terbiasa dan aku tahu kalau bisa aku buat.

Tapi, aku ingin membuat sesuatu yang baru, yang berbeda, yang belum pernah aku coba. Karena aku sudah cukup lama bermain dengan Construct 2, nggak ada salahnya kan kalau aku mencoba engine yang lain. Engine lain yang kupilih adalah Unity3D! Karena beberapa alasan, salah satu alasannya karena engine ini populer jadi aku bisa menemukan banyak indie developer yang juga pake engine ini. Alasan lainnya, karena performa Unity di platform mobile lebih bagus dari Construct 2, dan karena game yang akan kita buat difokuskan untuk platform mobile, ini jadi pertimbangan penting. Alasan ketiganya sih karena Unity juga bisa publish ke console, jadi kalau misalnya kita mendadak ingin publish ke console, engine nya sudah siap.

Jadi, apa aja yang sudah kulakukan di Unity? Sudah ada macam-macam, biarpun aku lebih fokus ke fitur-fitur untuk games 2D. Sekarang aku sudah bisa memasukkan objek, menggerakkan objek, dan melakukan animasi dengan sistem animasi di Unity yang keren!

Hasil ngikuti tutorial
Oke, aku akui memang kata-kata "memasukkan objek, menggerakkan objek, dan melakukan animasi" nggak kedengaran keren, tapi itu dasarnya dari pengembangan game. Kalau kamu bisa melakukan ketiga itu, sisanya tinggal pengembangan dari apa yang sudah kau tahu. Mungkin berikutnya kamu perlu tambahkan animasi tambahan kalau mau melakukan jurus baru, atau menggerakkan pemain untuk mengindari musuh, dan semacamnya.

Berikutnya mungkin aku akan belajar C# lebih dalam. Dulu sih aku sudah bisa C#, aku juga pernah mencicip XNA (sayang XNA sudah dimatikan Microsoft), jadi dasarnya sih aku sudah ada, tinggal mengingat saja.

Senin, 20 April 2015

Bergabung dengan tim lain! Akhirnya jadi tim game development!

Halo semua, sudah satu bulan lebih aku nggak menulis lagi di blog ini (sebenarnya pingin nulis sih, tapi bingung nulis apa). Jadi mungkin ada yang mengira aku sudah mulai lepas dari blogging, tapi sebenarnya nggak kok. Aku masih berusaha buat update, buktinya aku nulis post ini kan? *ditampar*

Oke, lalu kenapa dengan judulnya? Kira-kira dua minggu yang lalu temanku menelpon, dan mengajakku untuk ikut membentuk game studio bareng dengan timnya, karena anggotanya mereka semuanya artist dan nggak ada programmer, jadi dia mengajak aku yang programmer. Langsung aja tawaran ini aku terima dan aku jadi satu-satunya programmer di tim mereka!

Sekarang ini kami masih dalam tahap men-desain game pertama kami, sederhananya sih game ini mirip game endless run, tapi nanti bakal dikembangkan lebih lagi kok.

Terus bagaimana dengan Warriors of Belirium? Sejujurnya aku ingin game itu lanjut, entah gimana caranya. Aku masih belum bicara sama mereka soal game itu, jadi aku nggak tau apakah mereka setuju untuk bikin Warriors of Belirium atau nggak. Tim kami sekarang ini banyak tukang gambarnya jadi kalau bikin visual novel sih pasti bisa.

Hm... kelihatannya itu dulu, sampai ketemu di tulisan berikutnya!

Senin, 09 Maret 2015

Kelanjutan Warriors of Belirium

Halo semuanya! Aku dulu pernah bilang kalau aku akan melanjutkan lagi game Warriors of Belirium yang sempat terhenti. Sebenarnya sekarang ini pengembangan game buatanku ini sedang berlanjut lagi, biarpun agak lambat.

Dulu aku sudah bilang kalau game ini akan ganti genre, dari RPG ke visual novel. Agak jauh melompatnya? nggak juga, kedua genre itu sama-sama mengandalkan jalan cerita. Jadi, karena perubahan genre ini aku mulai mengubah gaya penceritaan di game ini. Kalau dulu memakai event kecil dengan sudut pandang dari atas seperti RPG pada umumnya, sekarang ada lebih banyak narasi dalam cerita  seperti yang biasa diharapkan ada di visual novel.

Kalau untuk visual, masih belum ada perkembangan. Karena aku masih memikirkan mau seperti apa style gambar seluruhnya untuk game ini. Yang pasti aku nggak mau kalau terlalu moe karena jalan cerita di game ini bukan yang tipe damai atau "perkumpulan gadis-gadis moe" atau semacamnya. Aku ingin sesuatu yang terlihat "manly" tapi tetap bisa menarik perhatian pemain.

Sementara ini aku juga membaca visual novel "Shikkokku no Sharnock" buat referensi, biarpun setting dan jalan ceritanya lumayan berbeda dari game yang ingin aku buat. Tapi aku bisa belajar banyak dari game-game buatan orang lain yang ada di alam bebas sana, mulai dari pilihan musik, pilihan scene, transisi, dan macam-macam.

Mungkin sekarang ini cukup segini dulu, semoga saja berikutnya aku bisa menulis update yang sedikit lebih menarik. Cheers!

Senin, 23 Februari 2015

2 Tahun sudah ngeblog

Nggak terasa udah cukup lama juga aku nulis blog di sini. Kalau melihat dari arsip tulisan sih, sudah dimulai dari tanggal 17 februari 2013, jadi sebenarnya tulisan perayaan dua tahun ngeblog ini pun telat beberapa hari.

Selama dua tahun ini sudah banyak banget tulisan yang aku hasilkan, mulai dari tutorial, kehidupan pribadi, dev blog, interview, dan macam-macam. Entah akan seperti apa isi blog ini tahun ini dan di tahun berikutnya, yang pasti akan lebih seru dan menyenangkan!

Cheers!