Selasa, 01 Juli 2014

Indie gamedev interview: Those Guys pt.2

Halo semua, jarang-jarang aku nulis dua artikel dalam sehari. Kalau kalian sudah membaca post sebelumnya tentang interview dengan Those Guys, di situ sudah dijelaskan kalau studionya berisi dua orang artist. Nah, kebetulan mereka berdua menjawab dalam email yang berbeda jadi bahan untuk blog postku jadi terbagi dua, hahaha.

 photo 2.jpg

Kalau kalian mau tahu tentang apa jawaban orang kedua dalam pertanyaan yang sama, baca terus di bawah ini:

Why don't we start with yourself? can you tell me about your studio / dev group?
Well here's what, at the beginning i was just doodling some sketches for my imaginary game until i went to the first class of my new High school. There i met a friend who was into programming and we started to work together, our first game was a knock off on Indiana Jones and it was terrible so it's kept in our private files to this day. The game was terrible but a feel of developing something yours was great so we continued working together.

What is your game title?
My game title is "Dark tree valley''

What platform is it for?
First version is for power of 4 on newgrounds, so yea first one is for
internet and after that we will make a mobile version and after mobile version comes full pc version with full story line and much more items, options stuff like that.

What is the game about? Describe it for us.
That story part is going to be a little secret until the release, well lets just say your goal is to protect the remaining tree :)

Where did you get your game idea?
Game idea? as you can see i clearly played ''Limbo'' but after that i listened to ''Dumb ways to die''. This is like those two combined in one wave cleaning dark themed  game.

Can you tell us about the development of this game? (like how many people are involved, what tools are you using, stuffs like that)
Development is going nicely as i mentioned this is for power of 4 so we have two programmers me as artist and my friend as animator. We don't have any special tools , Im using ps6 with just my mouse (im not using a drawing board) programmers are using Unity and animator in using Flash.

What advice can you give to people just starting out with gamedev?
Design your games to be simple and fun to play. Usually simple games with a lot of items in them do good , take ''Don't starve'' for an example (talking only about indie games)

Lastly, is there anything you'd like to share with the audience? (doesn't have to be technical)
Nothing much just my personal feels for this game to come out well :)

Yap itu dia pendapat orang kedua dari Those Guys! Semoga kalian bisa mendapat insight baru dengan berkenalan dengan indie gamedev yang sudah memulai perjalanan indie mereka, dan semoga ini bisa menginspirasi kalian semua untuk membuat game studio sendiri!

Indie gamedev interview: Those guys

Halo semua, apa kabarnya? Dulu aku pernah memulai sebuah seri blog bernama indie gamedev interview, yang sempat sepi agak lama. Sekarang aku ingin menambahkan lagi beberapa hasil interview dengan indie gamedev dari seluruh dunia. Kali ini kita kedatangan tamu dari Serbia, dan mereka ini membuat sebuah game yang sangat menarik, mau tahu seperti apa? Lihat saja di bawah ini

 photo maybe.jpg


Why don't we start with yourself? can you tell me about your studio / dev group?I'm just a kid from Serbia who discovered Flash back in 2010. In 2013, I formed a group of people who work under the name of "Those Guys" and have several projects running, one of which was actually featured on a big gaming website.

What is your game title?I have to important ones to talk about;Dark Tree ValleyApocalypse: Survive It

What platform is it for?Dark Tree Valley will be on multiple platforms, first on the web, then it will come on Android, iOS and Windows phone before finally coming out on PC.Apocalypse: Survive It is just for PC, there is a prototype made in 48 hours for a gamejam that can be found on the web.

What is the game about? Describe it for us.Dark Tree Valley is about protecting a tree. It's an arena styled platform action game where waves of enemies come from different sides to try and destroy the tree, pretty much. Of course, it has a deeper story but for now that must remain a secret.Apocalypse: Survive It is about being blind in a zombie apocalypse. It focuses heavily on surround sound system so the player can interact with various characters and shoot zombies while - obviously, being blind.

If you participated in LD48, did the theme give you some trouble in coming up with the idea?I have never participated in LD so far, I did, however, participate in other game jams and it's always hard to come up with a useable idea.

If you participated in LD48, is there anything different with gamedeving for a jam compared to your usual project?Game jams are always different. You need to stay focused for 48(+) hours and there are no breaks. It's always hard to pull it off, but once you do - it's rewarding, especially if people support the thing you did and want more of it!

Can you tell us about the development of this game? (like how many people are involved, what tools are you using, stuffs like that)Dark Tree Valley is being made by 4 people (2 from my studio(Those Guys), 2 from BugDevStudios). We (Those Guys) are in charge of the visuals, everything really. From the font to the backgrounds, we do it all while the the guys from BugDevStudios are coding it. It is made in Unity (The web version) and C++ (The PC/Downloadable version).Apocalypse: Survive It is being made in flash by more than 10 people (2 of which are not voice actors - including me) and was planned to be released by the end of the year but we got into some financial problems and had to postpone it. We are still working on it though.

What advice can you give to people just starting out with gamedev?Start small. Always start small, make silly dressup games or something. Eventually move onto something more serious. I, for one, started with mouse avoiders (I did add a little twist to it). If you are making a game that is going to be like many others, add at least 1 original feature to it so people remember it and come back looking for more of your stuff. After some time you'll gain some followers and possibly a friend or two who will always be there to work with you. Then you can recruit people, and eventually try and hit it big. (Am doing that as we speak)

Lastly, is there anything you'd like to share with the audience? (doesn't have to be technical)There's a sweet game jam going on at Newgrounds during the summer. It's called Power of Four and it's deadline is in October, check that out! Also, don't end up like Phil Fish, please.

Yap, itu dia interview dengan Those Guys. Sayangnya aku nggak mendapatkan link game Dark Tree Valley, tapi ada versi prototip dari Apocalypse: Survive it di web yang bisa kalian mainkan di sini atau di sini. Sampai ketemu di interview yang lain ya.

oh iya, kelupaan. Ada beberapa screenshot lain tentang Dark Tree Valley, check it out!

 photo teaserblood.jpg

 photo backgroundf.jpg  photo BrT90KDCYAAjulW.jpg
 photo 2.jpg

 photo 1.jpg

Jumat, 20 Juni 2014

Able game development: remappable keys

Hai semuanya, kebetulan sekarang aku lagi ingin aktif menulis tutorial jadi aku akan melanjutkan seri able game development! Ini adalah bagian kedua setelah seri pertama yang menuliskan tentang konfigurasi tambahan untuk mengakomodasi para gamer dengan kebutuhan khusus. Kali ini aku ingin menulis tentang remappable keys! Buat yang nggak ngerti, remappable keys adalah fitur untuk mengubah kegunaan dari suatu tombol untuk melakukan aksi yang diinginkan oleh pemain.

Contohnya dari tutorial sebelumnya adalah menambahkan aksi berjalan ke kanan dari yang tadinya menggunakan tombol panah saja menjadi dengan menggunakan tombol keyboard D juga. Di tutorial ini kita akan melakukan hal yang serupa tapi pemain bebas menentukan tombol mana yang digunakan untuk aksi tertentu.

Orang-orang yang mengalami pelemahan otot, cerebral palsy atau penyakit lain yang membuat mereka tidak bisa menggunakan tangan mereka secara normal, akan sangat diuntungkan oleh fitur yang membolehkan mereka mengubah cara bermain mereka sesuai keinginan mereka sendiri. Bisa dibilang ini adalah salah satu fitur yang paling banyak diinginkan oleh orang-orang berkebutuhan khusus.

Jadi bagaimana kita akan melakukannya dalam Construct 2? Pertama-tama buatlah layout seperti ini, kali ini kita akan membuat game platformer sebagai contohnya.

 photo pic5.png

sprite biru itu adalah actor yang memiliki behaviour platformer, sprite abu-abu adalah tanah yang memiliki behaviour solid, dan sprite hijau itu adalah platform yang memiliki behaviour jump-thru. Sekarang ini game awal kita sudah memiliki fungsi dasar sebuah game platformer, dan sekarang kita akan menambahkan cara untuk remapping.

Pertama-tama tambahkan tombol untuk remapping di sudut kiri atas (atau terserah kamu).

 photo pic6.png

lalu tambahkan layout baru di mana di layout inilah kita akan mengubah kendali karakter kita.

 photo pic7.png

ketiga tombol itu adalah untuk mengubah kendali actor. Sekarang karena bagian visual dari game ini sudah selesai mari kita lanjut ke code yang akan memberikan fungsi remapping.

Rabu, 18 Juni 2014

Dev Diary: Burn The Monsters!

Sebenarnya aku sudah ingin menulis soal ini sejak beberapa hari yang lalu, karena game ini juga sudah selesai sejak itu. Tapi entah kenapa aku malas menulisnya dan baru sempat sekarang, jadi karena aku masih semangat menulis, akan kutulis.

Jadi beberapa waktu yang lalu FGL mengadakan sebuah game jam selama seminggu dari 26 sampai 31 mei, waktu yang lebih lama dari game jam yang biasanya hanya satu atau dua hari. Waktu game jam ini diumumkan temanya sendiri malah masih dirahasiakan, dan baru akan diumumkan waktu game jam dimulai. Aku tertarik untuk ikut karena memang... menarik sih.

Sewaktu game jam dimulai sebenarnya aku telat sehari, karena aku baru mulai mengerjakan gamenya hari selasa. Dan waktu itu aku cek tema game jamnya adalah... BURNING. Hm... agak susah juga membuat game dari kata ini, yang pasti bakal berhubungan dengan api sih tapi apinya mau diapain? Awalnya kepikiran untuk bikin game tentang pemadam kebakaran, tapi jadinya malah memadamkan api dan bukannya membakar. Setelah agak lama berpikir, akhirnya aku ingin membuat game membakar sumbu dinamit.

Jadi ide awalnya aku ingin membuat game yang dinamitnya nanti membuka jalan menuju harta karun atau semacamnya yang terkubur di balik batu besar. Tapi semakin dikerjakan, konsep ini berubah sedikit demi sedikit sehingga jadinya adalah seperti ini:

 photo icon256x256.png

 photo screenshot2-1.png

yang tadinya membakar sumbu sekarang malah jadi membakar jalan, dan tujuan kita adalah membakar semua monster tanpa membakar manusia. Game puzzle yang unik, dan jadi pengalaman baru buatku karena ini pertama kalinya aku membuat puzzle.

 photo screenshot4-1.png

Semakin lama levelnya akan semakin susah dan ada sedikit elemen gameplay di dalamnya yang semakin menantang untuk pemain.

 photo screenshot6-1.png

Sekarang ini gamenya sudah jadi 20 level, dan sedang berusaha aku tawarkan ke sponsor lewat FGL. Kalau berhasil nantinya akan dirilis di berbagai mobile platform dan mungkin juga ke web desktop, karena game ini berbasis HTML5.

Mungkin sampai sini dulu dev diary kali ini. Sampai ketemu di blog post berikutnya.

Minggu, 08 Juni 2014

Able game development! Part one

Hai semuanya, apa kabar? Sesudah lama nggak nulis sesuatu tentang tutorial kali ini aku akan mencoba membuat satu tutorial lagi. Tapi kali ini tutorialnya agak berbeda dengan yang biasa aku tulis, sekarang aku akan mencoba membuat tutorial tentang bagaimana membuat game yang juga dapat dimainkan oleh penyandang disabilitas, seperti yang sudah aku singgung di blog post beberapa waktu yang lalu. Kalian boleh menambahkan desain-desain dalam seri tutorial ini dalam game kalian atau tidak terserah kalian sendiri, hanya saja dengan menambahkan fitur di seri tutorial ini kalian juga bisa membantu para penyandang disabilitas untuk ikut menikmati hiburan yang kalian sukai.

Oh ya, bahan dan ide untuk menulis seri tutorial ini aku dapat dari website lain, http://www.includification.com/ yang membahas tentang desain game yang bisa dimasukkan dalam game yang kita buat tanpa banyak mengubah desain utama game kita. Aku ingin melengkapi website itu karena kelihatannya mereka nggak menyinggung sisi teknisnya (wajar sih sebenarnya), jadi aku akan membahas bagaimana mengimplementasikan desain mereka dalam Construct 2.

Pertama-tama kita akan membuat game design yang membantu orang-orang yang cacat fisik. Cacat fisik ini bisa aja berupa kehilangan anggota tubuh karena diamputasi atau karena gangguan pada sistem otot mereka sehingga mereka nggak bisa bergerak dengan normal. Di antara para penyandang disabilitas, cacat fisik adalah jumlah yang terbanyak. Jadi kalau game buatanmu bisa membantu orang-orang yang cacat fisik, banyak orang yang bisa memainkan game-mu.

Dan desain pertama yang akan kita bahas adalah: konfigurasi alternatif! Apa ini? sederhana sekali: buatlah beberapa konfigurasi pengendalian yang bisa dipilih oleh gamer sesuai dengan disabilitas mereka. Ada minimal tiga setting pengendalian di sini: setting default, setting tangan kanan saja, setting tangan kiri saja. Semuanya dibedakan berdasarkan asumsi apakah pemain memiliki kedua tangan, ataukah hanya satu tangan? Tangan mana yang bisa dipakai untuk bermain?

Coba mainkan game-mu hanya dengan tangan kanan saja, atau tangan kiri aja. Masih bisakah dimainkan? Tombol-tombol apa aja di keyboard itu yang bisa kamu jangkau dengan mudah cuma dengan tangan kiri? Ini adalah caranya kamu bisa men-test game dan konfigurasi pengendalian yang kamu buat.

Nah sekarang bagaimana cara membuatnya?

Rabu, 04 Juni 2014

Dev diary: Where am I now?

Halo, halo. Lama banget nggak nulis tentang dev diary, jadi bingung mau nulis apa. Tapi belakangan ini aku jadi kepikiran sesuatu dan mungkin akan aku bahas dalam blog kali ini. Pertama-tama: pengembangan Warriors of Belirium dengan sangat terpaksa harus aku hentikan dulu, tapi jangan khawatir aku berencana untuk melanjutkannya lagi nanti. Sekarang ini aku lagi berusaha bertahan hidup dengan mengerjakan kontrak dari orang lain. Kalau kontrak ini sudah selesai aku akan langsung memperbaiki grafik dari WoB.

Kedua, selain dengan kerja kontrak aku juga berusaha mencari uang dari cara lain (selain merampok bank tentunya). Beberapa hari lalu aku secara kebetulan tahu tentang lomba gamedev yang diadakan oleh RPG Maker (di sini) dan aku tertarik buat ikut. Salah satu tujuannya memang hadiahnya, juara ketiga aja dapat $500, lumayan buat hidup sebulan dan mungkin bisa bayar comission (tapi aku tetap ngincar hadiah pertama sih, $2500 tuh). Tapi selain hadiah uang, yang paling menarik adalah hadiah "bonus" untuk masing-masing pemenang. Kalau dapet juara pertama kita akan diinterview oleh blog RPG Maker dan akan dipromosikan oleh RPG maker. Bahkan kalau jadi juara tiga aja game kita akan dibuat review-nya oleh dewan juri. Hadiah berupa promosinya menggiurkan banget. Jadi aku akan berusaha untuk menang, karena membuat nama kita terkenal dan membangun fanbase itu susah banget.

Ketiga, sekarang aku lagi belajar menggambar. Karena sekarang ini (dan semoga aja untuk seterusnya) aku adalah one man team, paling nggak aku harus bisa menggambar sedikit. ZUN aja sebenarnya hasil gambarnya nggak terlalu bagus amat, tapi dia bisa bikin game yang punya penggemar luas. Eh, tapi ZUN itu memang dewa banget skillnya, dia nge-handle programming + art + music sendirian, mungkin aku terlalu jauh bikin perbandingannya.

Oh well, mungkin sampai segini dulu dev diary kali ini, berikutnya mungkin aku akan nge-share progress dari game ini. Sampai ketemu di lain kesempatan!

Senin, 26 Mei 2014

Ide game: game untuk penyandang cacat

Hai semuanya! Selamat pagi (atau siang, sore, malam) untuk kalian. Kemarin dan hari ini aku ngobrol dengan seorang gamedev dari Poland via twitter (internet memang tak berbatas, bisa ngobrol dengan orang dari sisi lain dunia). Pada awalnya kita ngobrol soal membuat game bermodalkan passion, tapi pada akhirnya kita berbicara tentang membuat game untuk gamers buta dan gamers lain dengan disabilitas.

Kalau dipikir lebih lanjut lagi, ini adalah hal yang sangat penting untuk kita pikirkan sewaktu men-design game. Semua orang berhak untuk mendapatkan hiburan, semua orang berhak untuk bermain game, dan mendapatkan kesenangan yang sama dengan yang kita rasakan. Walaupun begitu kita sering melupakan orang-orang dengan disabilitas ketika membuat game design. Contohnya saja: banyak game yang harus dimainkan dengan kedua tangan, game yang nggak menyediakan remappable control, atau game yang harus dimainkan dengan kombinasi mouse & keyboard.

Banyak orang yang karena kecelakaan akhirnya kehilangan kedua tangannya sehingga harus menggunakan hardware khusus untuk menggerakkan mouse (denganhttp://orin.com/access/headmouse/index.htm contohnya.), apakah kita men-support hardware khusus ini? Bagaimana dengan orang-orang yang memiliki masalah pendengaran? Apa mereka bisa menikmati game kita?

Ini perlu mendapat perhatian khusus. Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini:

  1. Membuat game khusus untuk penyandang disabilitas
  2. Membuat pilihan dalam game kita untuk penyandang disabilitas
Di antara dua pilihan itu, pilihan kedua adalah yang lebih susah tapi kalau dilakukan dengan benar kita bisa memberikan pengalaman yang sama bagi penyandang disabilitas dan orang lain pada umumnya. Kesusahannya adalah ketika kita membuat game platformer atau action dan skema kontrol game harus bisa mengakomodasi semua pihak, sampai sekarang aku nggak tahu gimana cara lari dan lompat jauh dengan satu tangan sewaktu main Mario Bros.

Selain disabilitas fisik, masih ada tipe-tipe disabilitas lain seperti pendengaran (bagaimana membuat suasana seram dalam game horor kalau pemain nggak bisa dengar suara-suara mencekam?), penglihatan (apakah orang-orang colour blind bisa mendapat pengalaman bermain yang sama?), dan kemampuan kognitif (apakah game kita memiliki level tutorial yang cukup mudah untuk hal-hal yang kita anggap hal "biasa"? Ingat bahwa penderita cacat ini memiliki kekurangan kemampuan berpikir).

Ini adalah topik yang besar dan aku rasa nggak bisa dibahas dalam satu blog post saja, mungkin di lain kesempatan aku akan menulis tentang apa yang bisa kita lakukan supaya para penyandang disabilitas bisa ikut menikmati game kita. Aku nggak yakin apa kita bisa mengakomodasi semua jenis cacat fisik dalam satu game, tapi setidaknya kita bisa berusaha kan? Atau jangan-jangan kalian sudah punya ide bagaimana membuat game untuk mereka? Tuliskan saja ide itu di kolom komentar.