Minggu, 09 Oktober 2016

Review Shuumatsu no Izetta episode 1

Shuumatsu no izetta


genre: alternate history


Bercerita tentang sebuah negara (fiktif) kecil bernama Eylstadt (yang selalu wa salah baca sebagai Elystadt) yang terjebak perang dan dalam ancaman invasi dari Germania. Dalam usahanya menyelamatkan negaranya, seorang putri Elystadt bernama Fine  berusaha meyakinkan negara sahabatnya untuk ikut berpartisipasi dalam perang. Dalam episode pertamanya sendiri terlihat usaha keras sang putri untuk pergi secara sembunyi-sembunyi ke negara sahabatnya (yang bersifat netral dalam perang).

Di episode pertama ini diawali dengan banyak adegan aksi, terutama saat Putri Fine berusaha melarikan diri dari pasukan Germania. Walaupun begitu, di sini juga ada adegan politik yang kental, di saat Putri Fine bernegosiasi dengan wakil dari Britania (lupa sih, orang itu jabatannya apa). Walaupun negosiasi sia-sia karena si putri berhasil diculik oleh pasukan Germania.





Di bagian akhir episode ini, sewaktu Putri Fine dibawa dalam pesawat menuju Neue Berlin, ia bertemu kembali dengan seorang penyihir(?) yang sepertinya pernah bertemu dengan Putri Fine sewaktu mereka kecil. Dan akhirnya, Izetta (si penyihir cewek ini) menyelamatkan putri dari dalam pesawat Germania.

Anime ini menarik buat saya karena sudah lama juga nggak nonton anime dengan genre alternate history, yang mencoba menceritakan sejarah dalam kreasi sang pembuat sendiri. Sang karakter utama, Putri Fine, adalah sosok seorang putri yang sangat mencintai negara dan rakyatnya, yang siap melakukan apapun demi melindungi negaranya. Belum ada karakter penting lain yang terlihat selain Izetta, dan Izetta ini sendiri masih belum terlihat karakternya.




Yang pasti Izetta dan Fine pernah bertemu sewaktu mereka kecil, dan mereka kelihatan punya hubungan yang kuat sewaktu kecil, karena Fine pernah melindungi Izetta dari serangan orang2 (yang belum kelihatan alasannya). Yang masih belum jelas adalah kenapa Izetta (yang sewaktu kecil harusnya berada di Elystadt) bisa ada di tangan Germania, dan disebut sebagai rahasia militer. Apakah Izetta sempat berpisah dari Fine? Kenapa? Dan apakah setelah ini Izetta akan lebih berpihak pada Elystadt atau Germania? Semoga saja gak ada sistem pengendalian otak yang dibuat oleh Germania.

Kalau dilihat dari flow ceritanya (apalagi Izetta kelihatannya punya kemampuan bertarung yang tinggi), kelihatannya di episode 2 atau 3 akan ada adegan bertarung yang seru. Masih belum jelas apakah seri ini akan lebih banyak adegan politik atau pertarungan, tapi yang jelas anime ini adalah anime yang sangat menarik untuk diikuti.