Sabtu, 15 Februari 2014

Warriors of Belirium: Update besar-besaran!

Hi semuanya, selamat tahun baru 2014! Maaf telat memberi ucapan tahun baru, aku sebenarnya berniat menulis blog post baru di bulan januari tapi entah kenapa aku nggak dapet topik buat ditulis. Berita bagusnya adalah aku punya banyak update soal RPG baruku, aku sampai bingung harus mulai nulis dari mana. Gimana kalau kita mulai dari awal?

Bagian intro dari game ini sederhana banget, cuma teks yang memberikan sinopsis cerita sebelum game dimulai sampai waktu game bermula.

Sebenarnya aku nggak begitu puas dengan intro screen ini, aku ingin di background ada semacam gambar statis yang menunjukkan kejadian yang dinarasikan, tapi karena aku ngga bisa bikin yang kayak gitu jadi untuk milestone versi alpha ini saja sudah cukup bagus.

Setelah dari intro screen maka akan berlanjut ke bagian cerita yang pertama. Di sini pemain akan diperkenalkan dengan dua protagonis, Argus Soruva dan Rudolf Vaughan. Dialog dua orang ini memang kubuat cuma sedikit, maksudku supaya pemain bisa segera masuk ke bagian gameplay dan nggak kebosanan dengan cerita yang panjang.

Kalimat "The four spirits are with us" yang biasa diucapkan oleh penduduk Belirium ini adalah ucapan yang sama kayak "May the force be with you" (hm... kayaknya aku sudah pernah bilang gitu). Aku suka kalimat ini dan mungkin ini akan muncul agak sering dalam game (selain karena settingnya yang memang di Belirium dan orang-orang Belirium akan ngomong ini berulang kali).



Sesudah itu pemain akan bisa menggerakkan karakter (Argus) berkeliling di kota Redhall, kota ini adalah dungeon pertama dalam game (walaupun lokasinya bukan di dungeon, tapi aku suka menyebut tempat pemain menjelajahi dunia & bertarung dengan musuh sebagai "dungeon"). Karena dungeon pertama, aku berusaha ga membuat tempat ini terlalu rumit atau membingungkan untuk dilewati. Tempat ini nggak punya puzzle yang harus dipecahkan untuk bisa melanjutkan cerita, dan cuma punya satu jalan pasti ke tempat di mana cerita akan berlanjut. Dungeon-dungeon berikutnya akan lebih susah dari ini.


Di kota ini (dan dungeon lainnya, tentu saja) pemain bisa bertemu & bertarung dengan musuh, musuh akan terlihat di layar dungeon sehingga pemain bisa memutuskan apakah akan bertarung dengan musuh atau nggak. Saat ini sprite musuh di layar dungeon cuma ada satu sprite saja nggak peduli musuh apa yang nantinya akan dilawan, buatku yang seperti ini udah cukup, tapi kalau pemain minta dibuatkan sprite tersendiri yang menunjukkan musuh yang akan dilawan mungkin aku akan membuat sprite itu juga (belum tentu di versi alpha sih, aku juga harus memikirkan waktunya).

Kalau pemain bertabrakan dengan musuh maka pemain akan dibawa ke layar pertarungan. Pertarungan di game ini akan berjalan secara real time kayak Tales of Destiny di playstation dulu (game ini emang terinspirasi dari game itu). Saat ini musuh sudah bisa bergerak dan menyerang pemain dan juga bisa bertahan dari serangan pemain kalau dia ingin. Yang masih kurang adalah fungsi menggunakan skill & item. Sebenarnya aku sudah mulai membuat nama item dan aku juga udah mikirin soal sistem inventory, tapi mengimplementasikan sistem inventory RPG itu lebih susah dari sekedar mikirin sistemnya. Jadi untuk sementara game ini pemain masih nggak bisa memakai item.

Oh iya, satu lagi yang kurang adalah tampilan dari layar battle ini. Aku terlalu fokus membuat sistem pertarungannya aku sampai melupakan masalah tampilan dan UI (health bar, dan sebagainya). Aku harus segera membuatnya.

Bagian berikutnya dari update ini adalah in game menu. Bagian ini menampilkan anggota party member, item yang dimiliki pemain, skill, dan status dari pemain. Dulu aku pernah nge-tweet screenshot in game menu ini tapi waktu itu in game menu ini masih belum begitu "selesai" (sekarang juga belum sih). Cuma ada satu bagian yang belum aku kerjakan sama sekali, bagian tactics, tapi menurutku itu bisa diatur nanti sesudah aku menyelesaikan bagaimana party member bertarung dengan AI.



Oh iya, bagian equip juga masih belum selesai, karena equipment pemain nantinya juga akan masuk di inventory, jadi aku harus menyelesaikan inventory dulu sebelum membuat pemain bisa meng-equip sesuatu.

Menurutku sampai sini kodenya sudah cukup bagus, kecuali kalau aku ngerasa perlu menambah / memperbaiki yang penting-penting. Mulai dari sini aku akan fokus menambah konten game, utamanya cerita. Karena sebenarnya aku sudah menulis cerita sampai chapter 1 selesai tapi aku belum bisa memasukkan semuanya ke dalam game, jadi aku akan fokus sampai sana dulu.

Terimakasih sudah membaca post ini sampai selesai, aku akan berusaha supaya aku bisa merilis versi alpha game ini di bulan april atau mei, itu berarti sudah harus ada banyak konten di bulan maret. Kalau kalian ada komentar atau kritik atau saran, silahkan tulis di bawah.