Senin, 16 Desember 2013

My RPG project: The world

Hi semuanya, ketemu lagi dengan aku di blog post yang membahas soal game RPG yang lagi aku bikin. Kalau kalian masih ingat, minggu kemarin aku bilang kalau aku ingin mulai memikirkan soal cerita dan dunia dalam game, kali ini aku ingin menulis soal dunia tempat setting game. Ada tiga kerajaan di dalam game ini, Altiria, Belirium, dan Arkascha.

Altiria



Altiria adalah kerajaan antagonis dalam cerita. Orang-orang Altiria adalah bangsa yang suka berperang, mereka juga adalah bangsa dengan kekuatan fisik yang tinggi (lebih tinggi dari kedua kerajaan lain). Biarpun begitu, masih ada juga orang-orang Altiria yang menggunakan sihir. Altiria bermusuhan dengan Belirium (kerajaan protagonis) karena putri kesayangan raja kawin lari dengan pangeran Belirium. Pihak Altiria menginginkan tuan putri dikembalikan tapi Belirium menolak, akhirnya terjadilah perang.

Karena mereka adalah bangsa yang suka bertarung, maka di sini juga ada olahraga gladiator. Mati dalam pertarungan gladiator atau dalam perang adalah kematian yang terhormat, dan tidak bisa dibalasdendamkan. Sementara itu, bunuh diri adalah tindakan yang paling hina bagi mereka, karena orang yang bunuh diri adalah orang yang nggak berani menghadapi hidup.

Tipe pemerintahan di sini adalah religious leadership, aku nggak tahu apakah di dunia nyata ada istilah seperti itu tapi itulah sistem pemerintahan di Altiria. Seorang raja akan memerintah bersama seorang Grand Cleric. Sebelum pergi berperang raja akan menanyakan pada Grand Cleric apakah para dewa menyetujui perang mereka, kalau Grand Cleric mengatakan para dewa setuju maka raja akan mendeklarasikan perang (di cerita game ini, Grand Cleric sudah menyatakan bahwa para dewa setuju perang untuk mengambil kembali tuan putri). Pada umumnya, raja bebas berbuat apa saja dalam memerintah, kecuali kalau Grand Cleric mendapat wahyu dari para dewa bahwa dewa nggak merestui tindakan raja, maka Grand Cleric akan mengintervensi raja, dan raja akan menghentikan tindakannya.

Berbicara mengenai para dewa, Altiria menyembah beberapa dewa, yaitu:

  • Kohrob, Sang Pencipta, Yang Maha Tahu, Pemimpin Para Dewa
  • Carathian, Sang Pelindung Kehidupan
  • Voraldin, Sang Pencipta makhluk
  • Reyrull, Sang Pencabut Nyawa
  • Elloyr, Sang Penyembuh (juga Sang Matahari)
  • Andallar, Sang Dewa Kesuburan
Altiria juga punya mitologi penciptaan dunia, seperti ini:

Kohrob menciptakan dunia dari kehampaan
Carathian melindungi dunia dari ancaman
Voraldin menghidupkan manusia, binatang, dan semua makhluk lain
Reyrull mengakhiri yang masanya telah habis
Elloyr menyinari dunia, menyembuhkan yang terluka
Andallar menyuburkan tanah, menghidupkan tanaman, membuat para makhluk saling mencinta
Dan begitulah keseimbangan dunia ini tercipta

Para penduduk Altiria juga selalu mengucapkan "May Carathian protects you" pada orang lain, ini adalah ekuivalen dari "May the force be with you" dari star wars. Sebenarnya ini cuma secuil dari sistem mitologi dewa-dewi di Altiria, aku mungkin akan menambahkan dewa-dewi lain untuk disembah, tapi lima dewa utama adalah mereka ini. Aku juga akan membuat mitologi dan kisah hubungan antar dewa nantinya (juga aturan dan larangan menurut agama mereka). 

Aku jadi tertarik membuat agama dalam game setelah memainkan dragon age 2, di mana mereka punya agama (virtual) yang rumit dan banyak disinggung dalam game (ucapan "Maker's breath" atau "Praise the Maker"), bahkan sampai memengaruhi bagaimana mereka melihat orang lain (templar yang membenci penyihir, misalnya). 

Karena Altiria adalah kerajaan yang gemar berperang, teknologi perang mereka juga yang paling maju diantara kerajaan tetangga mereka, ini juga yang membuat pasukan tempur mereka amat kuat. Mereka sudah punya catapult, trebuchet, dan battering ram. Hanya saja mereka belum bisa menemukan bubuk mesiu. Soalnya kalau mereka punya bubuk mesiu, mereka menang jauh atas kedua kerajaan lainnya.

Satu lagi soal Altiria, selain dihuni oleh manusia, kerajaan ini juga dihuni oleh para orc. Mereka menempati hutan di barat dan utara Altiria, ini sebabnya nggak ada kota manusia di sebelah barat, karena pasti akan diserang orc. Para orc ini biasanya menyerang caravan pedagang. Altiria sebenarnya sudah berusaha membunuh para orc, tapi fisik para orc ini jauh lebih kuat dari tentara Altiria, sehingga menyulitkan mereka.

Selain orc, para penduduk Highview juga beberapa kali mengklaim melihat naga terbang di atas kota mereka. Ini membuat orang-orang yakin bahwa naga itu membuat sarang di pegunungan panjang yang membentang (aku belum punya nama buat pegunungan itu),  hanya saja belum ada yang pernah melihat sarangnya. Sampai saat ini naga itu nggak pernah menyerang pemukiman manusia, jadi nggak ada yang berusaha membunuh naga. Kalaupun ada yang mencoba melakukannya, mereka nggak pernah kembali.

Belirium


Belirium adalah kerajaan protagonis. Kebanyakan penduduk Belirium adalah pedagang dan pengrajin yang bisa mengolah bahan2 menjadi benda seni bernilai tinggi. Hasil pertanian dan peternakan mereka nggak mencukupi untuk menghidupi kerajaan mereka sendiri, jadi Belirum amat tergantung pada perdagangan dengan kerajaan lain. Untungnya kerajaan lain, terutama Arkacha, amat tertarik dengan hasil kerajinan Belirium, sehingga mereka selalu bisa mencukupi kebutuhan penduduknya.

Dari segi militer, Belirium terbilang lemah, tapi mereka punya banyak mercenary yang bisa disewa para mercenary inilah yang akan bertempur dalam perang. Nantinya para protagonis dalam game adalah salah satu dari para mercenary ini. Kelemahan dalam ilmu bertarung ini dikompensasi (is that even a word?) oleh kemampuan khusus bangsa Belirium, mereka bisa melihat jelas dalam gelap, walaupun sejauh apa mereka bisa melihat berbeda-beda masing-masing orang.

Tipe pemerintahan Belirium adalah absolute monarchy, raja memimpin bersama dewan yang disebut council of five. Raja bebas melakukan apapun yang dia mau dan nggak ada yang bisa membantah. Council of five bebas memberikan masukan pada raja, tapi terserah pada raja apakah akan mendengarkan atau nggak. Ada perkecualian dalam hal ini, yaitu sewaktu council of five merasa raja perlu digantikan (atas alasan apapun), raja bisa setuju dan bisa nggak setuju, tapi kalau raja nggak setuju maka raja sekarang dan calon raja usulan council of five harus membuktikan kelayakan mereka di hadapan empat spirit. Pembuktian ini dilakukan dengan ujian keberanian, kebijaksanaan, dan kekuatan. Dalam masa ujian itu biasanya penduduk akan terbagi dua, antara yang mendukung raja sekarang, dan yang mendukung calon raja. Yang menang dalam ujian ini akan menjadi raja berikutnya. (aku masih belum memikirkan lebih detil soal ujian ini, tapi untuk sekarang ini sudah cukup)

Aku tadi menyinggung soal empat spirit, empat spirit ini adalah para spirit agung yang disembah oleh penduduk Belirium. Selain empat spirit agung ini, Belirium mengenal banyak spirit lain, tapi yang disembah cuma empat ini. Para spirit agung itu adalah:
  • Efreet, Great Spirit of Fire
  • Behemoth, Great Spirit of Earth
  • Amphitrite, Great Spirit of Water
  • Garudeya, Great Spirit of Wind
Aku belum memikirkan mitologi penciptaan dunia menurut kepercayaan Belirium, yang pasti di dunia ini awalnya hanyalah kehampaan, hingga suatu masa keempat spirit sepakat untuk membuat dunia untuk ditinggali ciptaan mereka. Mereka berempat memadukan kekuatan terhebat mereka dan akhirnya terciptalah dunia yang terdiri dari empat unsur para spirit agung. Penduduk Belirium selalu mengucapkan "The four spirits are with us." yang juga adalah ekuivalen dari "May the force be with you."

Selain dihuni oleh manusia, Belirium juga ditinggali oleh para elf. Umumnya mereka menetap di hutan whitewitch, tapi nggak jarang juga yang tinggal di kota-kota manusia. Walaupun bisa tinggal di kota manusia, tapi para elf dianggap sebagai masyarakat kelas dua. Orang campuran manusia-elf dianggap lebih rendah lagi oleh manusia.

Arkascha


(Aku belum bikin peta untuk Arkascha, tapi letaknya ada di selatan Altiria)

Arkascha adalah kerajaan ketiga di benua Dorton (sebenarnya aku nggak begitu yakin apakah ini nama yang bagus untuk sebuah benua atau nggak), yang awalnya aku bikin sebagai pihak 'netral' dalam perang dua kerajaan ini, tapi sebenarnya sikap mereka condong lebih bersahabat dengan Belirium, karena hubungan dagang mereka lebih dekat dengan Belirium. Penduduk Arkascha adalah orang-orang dengan kemampuan sihir yang tinggi, bahkan lebih kuat dari 2 kerajaan lain. Mereka juga satu-satunya orang dengan ilmu sihir shapeshift.

Tentara mereka amatlah kuat (paling nggak seimbang dengan Altiria) karena saking tingginya kemampuan sihir mereka. Teknologi perang mereka juga berkembang sesuai dengan penelitian ilmu sihir mereka, sehingga peralatan tempur mereka lebih kelihatan seperti fantasi (pelontar sihir api jarak jauh, sayap terbang, dsb.)

======================

Sebenarnya minggu kemarin aku juga ingin menulis soal chapter pertama, tapi membuat dunia ini ternyata memakan waktu lama. Biar begitu, aku puas dengan dunia yang kubikin, apa lagi ini baru sebagian dari benua yang ada di dunia ini. Sekarang saja aku sudah kepikiran banyak ide cerita lain. Perang besar manusia melawan orc, invasi dari negara yang lebih maju dari barat, kedatangan orang-orang dari timur dan ilmu bela diri mereka, perang suci antar dua agama, pemberontakan para setengah elf. Banyak banget ide cerita yang bisa muncul dari dunia ini, dan aku bahkan belum menyinggung kemungkinan pertarungan melawan iblis. 

Aku harap kalian juga sama excited dengan dunia ini sepertiku, atau mungkin kalian juga punya ide cerita kalian sendiri? Tuliskan itu di komentar di bawah.