Senin, 09 Desember 2013

Animasi & Spriter

Halo, kembali lagi di blog post soal pengembangan game RPGku. Kali ini aku mulai membuat battle system, yang kurencanakan akan berupa action based. Tapi sebelum itu aku perlu membuat animasi masing-masing karakternya, jadi seminggu kemarin aku lebih banyak berkutat dengan Spriter.

pembuatan animasi di Spriter
Awalnya aku kira membuat animasi akan agak susah, ternyata memang susah (walaupun nggak sesusah yang aku kira). Untuk membuat animasi ini aku membuat gambar anggota tubuh dalam beberapa bagian (kepala, badan, tangan & kaki) sebelum kemudian memasang bone & menganimasikannya. Awalnya aku agak bingung bagaimana membuat animasi, bagaimana tubuh karakterku bergerak, dsb. Tapi sesudah mencoba-coba selama beberapa menit, aku akhirnya bisa membuat animasi yang cukup bagus.

Berikutnya adalah soal memakai animasi Spriter ini di Construct 2. Awalnya aku bisa me-load file Spriter dan mengganti-ganti animasi untuk satu karakter, tapi entah kenapa aku nggak bisa mengganti ke karakter yang lain dari satu file Spriter yang sama. Animasinya memang berganti, tapi sprite-nya tetap sprite Argus, bukan Tiara. Aku sudah melihat-lihat forum Construct 2, tapi kelihatannya ini karena Spriter masih dalam tahap beta. Solusi yang aku pakai adalah menganimasikan karakter dalam file Spriter masing-masing, jadi aku nggak perlu susah-susah mengganti entity dari Construct 2. Nantinya pasti hal ini akan diperbaiki di update berikutnya dari Spriter, tapi untuk sementara ini saja cukup.

Untuk sekarang aku baru menganimasikan Argus dan Tiara. Tadinya aku ingin menganimasikan semua karakter lainnya dulu sebelum berlanjut ke animasi musuh, tapi karena prioritas utamanya adalah membuat battle system sampai cukup bagus, jadi aku ingin berlanjut ke membuat musuh & animasinya. Tapi sebelum membuat musuh paling tidak aku harus membuat setting dunia dan konsep kasar ceritanya, supaya aku tahu musuh yang harus aku buat (mungkin ada bandit, serigala, beruang, atau yang lainnya tergantung setting), jadi mungkin minggu ini aku akan mengurus hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar