Jumat, 21 Agustus 2015

Scirra merilis versi stable terbaru dari Construct 2

Halo semuanya! Sudah agak lama aku nggak menulis update baru di blog ini, malah sudah hampir sebulan lamanya. Alasannya karena aku kebetulan lagi nggak ada ide buat nulis, jadi bayangkan betapa senangnya aku sewaktu tahu kalau Scirra merilis versi baru dari Construct 2! Akhirnya ada bahan nulis kan?

Ini adalah versi stable terbaru sesudah beberapa update sebelumnya adalah rangkaian beta update. Ada banyak perkembangan dan bug fix setelah versi stable sebelumnya, beberapa diantaranya adalah:
  • Tambahan Edge browser sebagai preview browser
  • Construct 2 splash loader
  • Tambahan video plugin
  • Menambah kompatibilitas dengan Edge, seperti dukungan XML dan video
Tapi buat aku sendiri ada dua hal yang membuat versi stable ini sangat (amat) bagus: Scirra arcade plugin, dan export ke Windows 10 universal apps. Mungkin kamu belum tahu tapi sejak dulu Scirra sudah punya sebuah halaman arcade di situs mereka yang bisa digunakan untuk meng-host game HTML5 yang dibuat dengan Construct 2. Tapi dulu versi arcade ini jelek, apalagi game yang di-host tidak boleh memakai plugin 3rd party.

Sekarang Scirra arcade sudah dirombak dari awal (kayaknya sih dari awal, tapi yang penting sih diperbarui). Versi arcade yang sekarang sudah lebih bagus dan game yang akan di-host di arcade sudah bisa memakai plugin 3rd party. Ini hal yang bagus karena plugin 3rd party sudah banyak memberikan fitur-fitur tambahan ke Construct 2, dan ini akan menambah kualitas game yang di-host di Scirra arcade. Satu hal bagus lainnya adalah: Scirra arcade sudah men-support leaderboard. Jadi, kalau kalian ingin menambahkan fitur leaderboard ke game kalian, kini Scirra sudah men-support itu.

Satu hal lagi yang aku suka adalah: export ke Windows 10 universal apps! Kalau kamu belum tahu, universal apps adalah aplikasi Windows 10 yang bisa jalan di platform Windows 10 manapun, baik itu Windows phone 10, Windows 10 desktop, atau pun... (dan ini bagian kerennya) Xbox! Yap, game buatan kalian bisa saja jalan di Xbox One!

Tentu saja masih belum ada kejelasan dari pihak Microsoft tentang hal ini, apakah kita membutuhkan semacam developer account untuk konsol atau kita perlu dev kit tertentu. Tapi yang jelas, kemungkinan untuk merilis game di Xbox One sudah ada! Jadi, kalau kamu ingin membuat game untuk konsol dan tidak jago programming, ini saatnya mencoba Construct 2!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar