Jumat, 22 Februari 2013

Game Design, part 2

Oke, kita masuk ke bagian kedua dari pembahasan game design kita. Kalau di bagian pertama aku menuliskan bahwa yang harus kita pikirkan waktu membuat game design adalah: gameplay, sekarang aku akan menambahkan satu lagi ke dalam elemen game design kita: balance. Artinya balance adalah game tidak boleh terlalu sulit dan tidak boleh terlalu gampang. Kalau terlalu sulit, pemain akan berhenti main game. Kalau terlalu gampang, pemain malah akan bosan. Jadi, ketika mendesain game, jangan lupakan balance.



Jadi bagaimana kita membuat supaya desain dari game kita supaya balance? Ini sebenarnya susah dijawab karena implementasi tiap game akan beda. Tapi intinya, catatlah dengan angka, lalu sesuaikan dengan reward. Misalkan kamu bikin game racing, catat berapa lama 1 lap bisa selesai, kalau terlalu cepat/mudah, ubah track-nya. Bikin game shmup? catat berapa lama 1 stage bisa selesai, dan berapa sisa nyawa pemain, kalau terlalu susah berarti intensitas peluru perlu dikurangi.

Implementasinya bisa macam-macam tergantung gamenya, tentu kalau gamenya RPG angka-angka yang dicatat akan lebih banyak & rumit lagi. Jangan lupa sesuaikan reward dengan kesusahan yang dilalui pemain, jangan sampai sesudah pemain susah payah memainkan game-mu tapi score yang didapat cuma sedikit, itu akan terasa unrewarding banget.
Sampai ketemu di bagian selanjutnya :D