Senin, 18 Februari 2013

Game Designing, part 1

Oke, ini blog post pertamaku yang berisi tentang game design, nantinya aku juga pengen nulis entry lain soal game design. Tulisan-tulisan game design yang kubuat ini mungkin bukan yang sempurna, tapi ini teknik game design yang ingin aku bagikan

Jadi, apa yang harus kita desain pertama kali? gameplay. Jawaban yang sederhana, tapi sepertinya kebanyakan orang lupa, mayoritas orang di internet (facebook, forum, dsb.) yang kulihat lebih mengutamakan cerita, atau membuat cerita dulu baru gameplay-nya. Sehingga mereka membuat gameplay yang mengikuti cerita, harusnya cerita yang mengikuti gameplay. Jadi pelajaran pertama adalah: buat gameplay dulu, baru yang lain (termasuk cerita)



Jadi, bagaimana kita mendesain gameplay yang bagus? Challenge & Reward. Semua game selalu memberikan challenge ke pemainnya, dan kalau pemain berhasil menyelesaikan challenge itu, game akan memberikan reward. Itu saja, tapi diulang terus menerus.

Coba lihat contoh gamenya: angry birds. Challenge-nya adalah: bagaimana membunuh (ah, kejam banget katanya) semua babi dengan menggunakan burung dan benda-benda di sekitar babi, reward-nya berupa score dan bintang, yang score-nya bisa digunakan sebagai ajang pamer ke temen pemain. Challenge-nya sama, tapi di tiap level penggunaan challenge itu divariasi dengan variasi benda-benda di sekitar babi, dan variasi jumlah dan jenis burung yang bisa digunakan pemain. Sehingga tiap level terasa makin sulit, tapi dengan reward score yang lebih besar.

Yaah, sementara segini dulu, masih singkat, lain kali aku akan coba nulis blog yang lebih panjang :D