Rabu, 30 Oktober 2013

Game art: #pixelshit

Halo semuanya, sudah lama juga aku nggak nulis post baru di blog ini. Belakangan ini aku agak sibuk dengan contract work, tapi sekarang contract work itu sudah selesai dan aku bisa ngeblog lagi (hore!!). Karena akhir-akhir ini aku nggak ada update soal tutorial atau hal lain soal game design aku akan nyoba menulis tentang satu hal yang baru: game art.

Selama ini aku nggak pernah menulis soal game art atau hal lain berkaitan dengan grafik dalam game, karena aku memang bukan orang yang ahli soal itu. Tapi kelihatannya di jagat internet yang luas ini (atau lebih tepatnya dunia twitter), orang-orang indie dev yang payah dalam art bukan cuma aku aja, ada banyak banget. Dan salah seorang mengusulkan sebuah acara mingguan di mana semua dev yang payah dalam hal artistik melatih diri mereka membuat sebuah pixel art dan di-tweet dengan hashtag #pixelshit. Untuk acara pertama ini ada 3 syarat untuk ikutan #pixelshit ini:

  1. Gambar beresolusi 16x16 atau 32x32
  2. Gambar karakter
  3. Jumlah maksimal warna hanya boleh 8 saja
selain itu syarat utamanya sendiri adalah harus payah dalam menggambar, karena itu orang-orang akan mesubmit gambarnya dalam bentuk pixel art (karena.... yah pixel art itu gampang dibuat oleh orang yang nggak bisa gambar).

Aku sendiri membuat dua gambar untuk acara pertama ini, yang pertama dengan resolusi 32x32


dan yang kedua dengan resolusi 16x16


keduanya sebenarnya mirip, hanya beda warna rambut saja.

Buatku acara ini adalah ajang latihan yang bagus, biarpun nggak ada hadiah tapi aku dapat kemampuan baru yang bisa berguna dalam perjalanan gamedev ini. Entah untuk acara berikutnya masih menggunakan aturan yang sama atau nggak, tapi aku benar-benar excited untuk ikut lagi, siapa tahu game-ku berikutnya akan berupa pixel art untuk grafisnya?