Minggu, 08 Juni 2014

Able game development! Part one

Hai semuanya, apa kabar? Sesudah lama nggak nulis sesuatu tentang tutorial kali ini aku akan mencoba membuat satu tutorial lagi. Tapi kali ini tutorialnya agak berbeda dengan yang biasa aku tulis, sekarang aku akan mencoba membuat tutorial tentang bagaimana membuat game yang juga dapat dimainkan oleh penyandang disabilitas, seperti yang sudah aku singgung di blog post beberapa waktu yang lalu. Kalian boleh menambahkan desain-desain dalam seri tutorial ini dalam game kalian atau tidak terserah kalian sendiri, hanya saja dengan menambahkan fitur di seri tutorial ini kalian juga bisa membantu para penyandang disabilitas untuk ikut menikmati hiburan yang kalian sukai.

Oh ya, bahan dan ide untuk menulis seri tutorial ini aku dapat dari website lain, http://www.includification.com/ yang membahas tentang desain game yang bisa dimasukkan dalam game yang kita buat tanpa banyak mengubah desain utama game kita. Aku ingin melengkapi website itu karena kelihatannya mereka nggak menyinggung sisi teknisnya (wajar sih sebenarnya), jadi aku akan membahas bagaimana mengimplementasikan desain mereka dalam Construct 2.

Pertama-tama kita akan membuat game design yang membantu orang-orang yang cacat fisik. Cacat fisik ini bisa aja berupa kehilangan anggota tubuh karena diamputasi atau karena gangguan pada sistem otot mereka sehingga mereka nggak bisa bergerak dengan normal. Di antara para penyandang disabilitas, cacat fisik adalah jumlah yang terbanyak. Jadi kalau game buatanmu bisa membantu orang-orang yang cacat fisik, banyak orang yang bisa memainkan game-mu.

Dan desain pertama yang akan kita bahas adalah: konfigurasi alternatif! Apa ini? sederhana sekali: buatlah beberapa konfigurasi pengendalian yang bisa dipilih oleh gamer sesuai dengan disabilitas mereka. Ada minimal tiga setting pengendalian di sini: setting default, setting tangan kanan saja, setting tangan kiri saja. Semuanya dibedakan berdasarkan asumsi apakah pemain memiliki kedua tangan, ataukah hanya satu tangan? Tangan mana yang bisa dipakai untuk bermain?

Coba mainkan game-mu hanya dengan tangan kanan saja, atau tangan kiri aja. Masih bisakah dimainkan? Tombol-tombol apa aja di keyboard itu yang bisa kamu jangkau dengan mudah cuma dengan tangan kiri? Ini adalah caranya kamu bisa men-test game dan konfigurasi pengendalian yang kamu buat.

Nah sekarang bagaimana cara membuatnya?



Pertama-tama tambahkan dua object baru, keyboard dan sprite. Ganti nama sprite dengan actor dan tambahkan behaviour 8 direction untuk gerakan.


(link gambar)

lalu ganti nilai property default control jadi "no" supaya actor nggak bisa digerakkan dengan tombol panah keyboard. Sebenarnya nanti kita juga bisa menggerakkan actor dengan tombol panah, tapi demi tujuan tutorial ini untuk sekarang akan kita buat supaya actor nggak bisa digerakkan dengan default control.

Kemudian tambahkan variabel-variabel di bawah ini.


(link gambar)

itu adalah variabel-variabel yang kita butuhkan untuk menggerakkan actor. Dua variabel TRUE dan FALSE adalah konstan (nggak bisa diubah nilainya) yang fungsinya lebih untuk memudahkan bacaan code kita.

Lalu bagaimana kita akan menggerakkan actor? Dengan code di bawah ini


(link gambar)

oke sekarang actor sudah bisa bergerak seperti menggunakan default control, berikutnya kita akan menambahkan tombol-tombol lain untuk gerakan yang sama. Caranya? lihat aja potongan code berikut ini.


(link gambar)

yep, kita baru saja menambahkan konfigurasi baru untuk pergerakan, yaitu dengan tombol WASD. Mungkin kelihatannya simpel tapi orang yang tangan kanannya nggak berfungsi akan kesusahan kalau dipaksa bermain dengan tombol panah.

Kalian bisa mengembangkan kode ini lebih jauh, misalnya kalau actor bisa melompat atau menembak, bagaimana pengaturan alternatif dari tombol melompat dan menembak itu? Setiap kali kalian mencoba seting alternatif ini cobalah untuk memainkan game kalian dengan satu tangan dan lihat apakah kalian masih bisa memainkan game kalian.

Yeah, segitu dulu bagian pertama dari able game development ini. Semoga ini memberikan ilmu baru dalam perjalanan game dev kalian. Dan kayaknya aku harus mikirin tempat nyimpen foto selain dropbox karena entah kenapa gambar dari dropbox ga langsung keluar thumbnail-nya. Ada saran tempat nyimpan foto yang bagus? jangan instagram ya, aku inginnya yang gampang diakses dari komputer.