Senin, 29 Desember 2014

Construct 2 RPG template update

Hmm... rasanya sudah lama aku enggak menulis tentang RPG template yang aku buat untuk Construct 2, seingat ku cuma ada satu posting soal ini. Mungkin karena aku sibuk menulis buku, jadinya proyek RPG template ini jadi agak terlupakan, untungnya aku masih bisa melanjutkan membuatnya.

Jadi, sudah sampai manakah kemajuan template ini? Kalau kalian ingat, dulu aku baru bisa membuat karakter menyerang biasa. Sekarang, tiap karakter sudah punya skill mereka sendiri, saat ini baru ada dua skill untuk tiap karakter: skill yang target tunggal, dan skill dengan target jamak.

 photo pic14.png

jadi seperti yang bisa dilihat, masing-masing skill punya SP cost masing-masing yang ditulis di samping nama skill. Untuk menggunakan skill yang menyerang satu musuh, pemain perlu meng-klik nama skill yang ingin dipakai lebih dulu, baru kemudian memilih target. Kalau untuk menyerang semua musuh, pemain cuma perlu meng-klik nama skill saja, game akan otomatis memilih ketiga musuh sebagai target.

Animasi yang dipakai untuk skill juga beda dengan animasi menyerang biasa, tapi karena keterbatasan sprite, animasi sewaktu menggunakan skill adalah menyarungkan pedang. Tapi kalau dipakai oleh orang lain, bisa dengan mudah diubah, cuma perlu membuat nama animasi dengan nama skill mirip, misalnya nama skill adalah "Fire ball", nama dalam animasi harus "fireball" supaya game bisa menemukan animasi yang diinginkan. Ini karena untuk nama animasi tidah bisa pakai spasi.

SP akan berkurang tiap kali memakai skill, tadinya karena ada bug kecil skill pemain yang memakai skill langsung berkurang jadi 0. Ternyata ini karena aku mengurangi SP di event yang dijalankan tiap tick, tapi itu sudah diperbaiki sekarang.

Yang jadi tujuanku berikutnya adalah melanjutkan coding untuk skill yang menyembuhkan HP teman, harusnya gampang karena tinggal mengganti target dari musuh ke teman sendiri. Tapi nantinya aku juga ingin ada sihir yang menyembuhkan status tertentu (poison, stun, silent, dan sebagainya), jadi kode nya juga harus bisa membaca string dan menentukan apakah akan menyembuhkan status atau tidak. Mungkin akan lebih susah dari dugaan ku, tapi mungkin juga enggak.

Untuk sementara, ada screenshot untuk skill penyembuhan

 photo pic15.png

oke, mungkin sementara cukup segitu dulu. Sampai ketemu di blog post berikutnya!