Selasa, 02 April 2013

Gamedevid weekend chalenge, Granma Cross

Weekend kemarin, forum gamedevid mengadakan game making challenge bernama weekend challenge. Tujuan dari challenge ini bukan buat mendapatkan hadiah uang atau barang, atau semacamnya. Melainkan hanya sebagai ajang untuk mengetes skill kita sendiri, untuk tahu sehebeat apa sih kita? Challenge yang rencananya diadakan tiap weekend ini punya tema sendiri buat tiap minggunya, untuk weekend kemarin (yang aku ikuti) temanya adalah: frogger clone.

Jadi, inti dari challenge kemarin adalah, membuat game dengan mekanisme yang sama/mirip dengan frogger dalam 2 hari atau kurang. Inti mekanisme frogger adalah: ada katak (pemain) yang menyeberang jalan, tapi dalam mencapai tujuannya buat menyeberang, akan ada beberapa halangan yang menghalanginya. Berawal dari konsep sederhana itu, aku membikin game berjudul: Granma Cross.



Inti dari game ini sederhana saja, pemain menggerakkan seorang nenek untuk menyeberangi jalan, tap akan ada beberapa mobil di tengah jalan yang nggak ngelihat si nenek menyeberang, dan bisa menabrak nenek. Tujuannya pemain di sini adalah untuk menyeberangkan si nenek sampai di sisi jalan yang lain.

Game ini dibuat dengan HTML5 dengan tool Construct 2, karena ini pertama kalinya aku memakai tool ini, jadi mungkin hasilnya belum maksimal (aku masih belum tahu gimana cara mengecilkan hitbox si nenek) dan di sini masih belum ada sistem scoring. Tapi biarpun begitu, game ini berhasil jadi sebelum waktunya habis, ini membuktikan kekuatan Construct 2 sebagai tool untuk game making yang bagus. Nantinya aku akan lebih mengutak-atik tool ini dan melihat kekuatannya untuk membuat game lain yang lebih kompleks (who knows, mungkin aja nanti akan ada tutorial construct 2 di blog ini). Untuk sementara, game ini bisa dimainkan di link di bawah ini (via dropbox):
http://dl.dropbox.com/u/22420086/Granma%20cross/index.html