Kamis, 11 Juli 2013

Game design: Game rules

Apa sih itu game rules? Kita pasti tahu apa itu game rules, karena itu dipaparkan dalam game selama kita memainkan game, cuma mungkin saja kita yang nggak sadar kalau ada peraturan khusus dalam game. Sewaktu kita memainkan game kita selalu mengikuti peraturan-peraturan khusus yang sudah ditetapkan oleh game designer.Untuk menjelaskan soal game rules ini, aku akan mengambil contoh dari game yang sudah terkenal: Mario.

Peraturan-peraturan dalam game ini kira-kira seperti ini:
1. Kalau menyentuh musuh dari samping, Mario akan mati. (atau kalau  sudah memakan jamur, tubuhnya akan kembali kecil)
2. Kalau menyentuh musuh dari atas (menginjak), musuhnya mario akan mati
3. Kalau jatuh dalam lubang, Mario akan langsung mati
4. Kotak batu yang disundul akan hancur, atau mengeluarkan koin atau jamur atau bunga.
5. Lompatan Mario sangat tinggi kalau dibandingkan dengan tinggi badannya. Bisa dibilang ini adalah kekuatan supernya Mario (lol)

Sebenarnya ini bisa dilanjutkan lagi, tapi untuk sekarang ini, aku ambil lima saja contohnya. Gabungan dari aturan-aturan inilah yang nantinya membantu membentuk gameplay dari game.



Sewaktu membuat aturan ini, harus diingat bahwa aturan ini nggak harus realistis, seperti contohnya lompatan Mario, lompatan Mario tinggi banget, nggak ada tukang pipa di dunia nyata yang bisa melompat setinggi Mario. Atau adanya kotak batu yang melayang di Mushroom Kingdom, yang bisa disundul Mario, atau bahwa Mario gak bisa mati biarpun jatuh dari tempat tinggi. Yang penting adalah aturan-aturan ini bisa memberikan "look & feel" yang konsisten sepanjang game.

Satu hal lagi yang ingin aku tulis: aturan-aturan ini haruslah konsisten sepanjang game. Kalau sudah ada aturan bahwa kalau pemain jatuh ke jurang maka pemain mati, maka semua jurang harus memberikan maut pada pemain. Ini adalah satu kelemahan dalam design super mario bros, karena beberapa dari jurang malah membawa pemain ke ruang rahasia. Ruang rahasia dalam design seperti ini bukanlah reward, karena pemain nggak tahu sama sekali bahwa ada ruang rahasia di tempat yang seharusnya membunuh mereka. Harusnya ruang rahasia diberikan petunjuk (kecil) yang memberikan pemain kesempatan untuk menebak apakah ada ruang rahasia atau nggak.


Jadi, segitu dulu untukpost kali ini. Sewaktu kalian men-design game, cobalah untuk memberikan aturan yang konsisten dari awal hingga akhir game. Sampai ketemu di blog post berikutnya.