Aku mengelompokkan fun dalam dua macam: Entertaining Fun, dan Challenging Fun. Entertaining fun adalah perasaan senang sewaktu kita merasa rileks dan terhibur, kita tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan perasaan senang macam ini. Game yang memberikan perasaan ini adalah casual game yang sekarang banyak hadir di smartphones. Game tipe ini tidak memberikan banyak tantangan, tantangan yang ada hanyalah tantangan sederhana yang bisa dilalui pemain, baru kemudian tantangan itu diberikan variasi. Contoh yang paling gampang adalah angry birds, tantangan yang diberikan hanyalah satu: membunuh para babi dengan burung yang disediakan. Tantangan ini kemudian divariasikan dengan memberikan beraneka macam burung dengan kemampuan berbeda untuk dilempar, atau diberi penghalang lain dalam satu level (batu sebagai pengganti kayu misalnya). Game semacam ini diberikan untuk pemain yang tidak suka tantangan, dan lebih menginginkan rasa fun yang langsung bisa mereka dapatkan saat itu juga.
Because pigs are too angry birds |
Challenging fun adalah kebalikan dari Entertaining fun. Challenging fun tidak membuat pemain merasa senang sewaktu sedang memainkan gameplay dari game, tapi semakin menekan pemain (dalam batas-batas game rules) untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk mengalahkan tantangan dalam game. Perasaan senang itu baru akan diterima pemain ketika sudah menyelesaikan tantangan itu sendiri. Game yang menggunakan tipe fun seperti ini biasanya adalah game-game yang dirilis di PC, baik itu oleh developer besar atau developer indie. Game ini dibuat untuk gamers yang memang menginginkan tantangan, dan menguji kemampuan mereka dalam mengalahkan tantangan itu.
This is just the easy mode, baby |
Jadi ini juga menjadi salah satu bahan pemikiranmu sewaktu kamu membuat game, tipe fun seperti apa yang ingin kamu berikan pada gamers? Sesudah itu terjawab, kamu bisa menentukan challenge & reward yang sesuai dengan tipe gamers yang ingin kamu tuju. Sampai ketemu di blog post berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar