Kamis, 04 Juli 2013

Game design: Ide game

Udah lama banget ya aku nggak nulis soal game design, salah satu sebabnya karena memang nggak ada ide soal game design yang mau aku tulis. Tapi sekarang, kelihatannya aku ada ide soal ini. Yaitu soal ide game. Dulu aku pernah baca artikel tentang "idea guy", alias orang yang hanya punya ide saja tanpa punya skill yang cukup untuk mewujudkan idenya itu. Dalam sebuah tim, orang ini biasanya hanya aktif di awal pengembangan game saja, karena sesudah mengeluarkan ide, dia nggak punya kesibukan lagi. Itulah definisi "idea guy" dari artikel yang aku baca itu.

Tapi beberapa hari lalu aku berfikir, apa benar hanya itu? Atau mungkin ada yang lebih dari seorang "idea guy". Jujur, aku belum pernah bertemu langsung dengan seorang "idea guy" (capek juga ngasih tanda kutipnya), jadi apakah dia benar-benar ada atau tidak, entahlah. Tapi di sini aku nggak ingin membahas soal si manusia ide itu, tapi lebih ke idenya. Apa sih ide itu? Apakah ide dalam game itu cukup hanya sekedar "Aku mau membuat game seperti Final Fantasy XIII-2", "Aku punya ide bikin game mirip Fable.", "Ayo bikin game seperti Dynasty Warriors tapi settingnya bukan tiga kerajaan."?

Kalau itulah definisi dari sebuah "ide", maka menurut aku definisi itu salah. Itu bukan ide, ide bukanlah sekedar satu kalimat pendek mengatakan kita akan meniru game terkenal apa. Ide game adalah sebuah dokumen lengkap tentang sebuah game, walaupun waktu dibuat pertama kali ide game tidaklah harus langsung lengkap dan "benar".

Oke, mari kita coba buat contohnya. Kita akan mencoba membuat ide game RPG, karena genre ini populer dan sepertinya banyak orang yang mau membuat game genre ini, entah bergaya barat atau timur. Nama RPG untuk sementara adalah "Sword of Legend".



Judul: "Sword of Legend"
Genre: RPG
Jumlah pemain: 1
Kondisi menang: Pemain mengalahkan boss terakhir di akhir game.
Kondisi kalah: pemain kalah dari pertarungan, kecuali yang memang dibuat supaya kalah.
Platform: PC, Mac, Linux
Lama permainan: kira-kira 30 jam.
Tantangan: Pertarungan. Baik itu random battle atau boss battle
Reward: Exp points, items, dan uang sesudah mengalahkan monster. Jumlahnya beda-beda per monster.
Battle system: action based. Pertarungan berupa random battle, permainan bisa pindah ke layar battle sewaktu pemain sedang berjalan di dungeon/world map.
fitur lain:

  • Selain serangan biasa, akan ada skill attack yang bisa dipakai pemain
  • Serangan-serangan yang berurutan bisa membentuk combo
  • Jalan cerita bercabang
  • Akan ada side quest, yang memberikan item, uang, dan Exp points ke pemain
  • Ada sistem crafting, di mana pemain bisa membuat item sendiri berdasarkan bahan-bahannya
Ini bisa dilanjutkan lagi, aku cuma nulis segini karena ini cuma contoh aja. Nantinya harus dilengkapi dan diperjelas, terutama soal hal-hal yang ditulis di bagian fitur lain. Misalnya bagaimana pemain mengambil side quest? mendatangi adventurer's guild atau langsung ke NPC yang punya quest? Bagaimana serangan bisa dianggap menambah angka combo atau memulai combo baru?

Tentunya harus dipikirkan juga kemampuan programmer-nya, karena yang coding tetap si programmer, kalau sembarangan menambah fitur, bisa-bisa bertabrakan atau ngebuat game jadi buggy. Ide game ini nanti pasti akan diperpanjang di tengah-tengah waktu pengembangan game, karena ini hanya bentuk awal dan nantinya akan dijadikan pegangan untuk membuat versi alpha. Yang harus diingat waktu menambah fitur adalah jangan bertentangan terlalu jauh dengan yang sudah ada, kecuali kamu memang mau mengambil risiko waktu pengembangan kana jadi jauh lebih panjang dari yang direncanakan.

Kira-kira segini dulu blog post kali ini, sampai ketemu di post berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar