Mari kita buat contoh dari game sederhana, arkanoid.
arkanoid adalah game klasik dengan gameplay yang sederhana tapi mengasyikkan, sudah ada banyak game yang meniru gameplay game ini. Sampai-sampai banyak game developer yang lebih senior menyarankan untuk bisa membuat arkanoid-clone sebelum membuat game yang lebih rumit.
Jadi bagaimana main game flow arkanoid? Sederhana, seperti ini:
- Pemain menggerakkan panel di bagian bawah layar (cara menggerakkan tergantung game, tapi kita asumsikan dengan panah kanan dan kiri)
- Pemain harus menghancurkan semua target yang ada di sisi atas layar dengan bantuan bola (pemain ga menggerakka bola ini)
- Bola akan memantul kalau kena target, panel, atau dinding stage.
- Pemain kalah kalau bola sampai jatuh ke sisi bawah layar
- Pemain akan dapat nilai untuk setiap target yang dihancurkan
kira-kira main game flow-nya seperti itu, implementasi bisa beda kalo developer ingin berinovasi. Dari main game flow ini saja kita sudah dapat beberapa hal untuk game kita:
- Kontrol. Kita mendefinisikan apa yang pemain kendalikan dalam game, dan bagaimaa mengendalikannya (di contoh di atas, kita asumsikan dengan tombol panah)
- Tujuan. Tujuan contoh di atas adalah menghancurkan semua target.
- Kondisi kalah. Kondisi kalah adalah sesuatu yang mengakibatkan pemain kalah dalam game/game over. Di contoh arkanoid adalah kalau bola jatuh ke sisi bawah layar
- Reward. Untuk game arkanoid, reward-nya adalah dengan nilai/score, besarnya score bisa ditentukan nanti
Itulah main game flow game arkanoid, main game flow ini diulang-ulang untuk tiap level berikutnya, hanya saja ada sedikit hal yang berbeda di masing-masing level untuk meningkatkan kesulitan, misalnya saja kecepatan bola, atau pola target.
Bagaimana? sudah mengerti? Sudah ada pikiran bagaimana kamu mendesain main game flow game-mu?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar