Senin, 04 Maret 2013

Game design, part 3

Oke, posting pertama di bulan maret ini adalah soal game design. Kali ini aku ingin nge-share tentang apa yang pertama kali kita desain saat mulai membuat sebuah game design. Mungkin kalian sudah tau atau mungkin sudah bisa nebak, kalau bisa, selamat, kalau ga, ga apa-apa jangan sedih, hehe. Yang harus kita desain pertama kali adalah... main game flow. Apa itu? Itu adalah sumber kesenangan dari game-mu. Itu adalah sesuatu yang gamer lakukan berulang-ulang di game-mu. Kalau main game flow mu jelek, pemain akan merasa ga fun memainkan game-mu.

Mari kita buat contoh dari game sederhana, arkanoid.



arkanoid adalah game klasik dengan gameplay yang sederhana tapi mengasyikkan, sudah ada banyak game yang meniru gameplay game ini. Sampai-sampai banyak game developer yang lebih senior menyarankan untuk bisa membuat arkanoid-clone sebelum membuat game yang lebih rumit.
Jadi bagaimana main game flow arkanoid? Sederhana, seperti ini:

  1. Pemain menggerakkan panel di bagian bawah layar (cara menggerakkan tergantung game, tapi kita asumsikan dengan panah kanan dan kiri)
  2. Pemain harus menghancurkan semua target yang ada di sisi atas layar dengan bantuan bola (pemain ga menggerakka bola ini)
  3. Bola akan memantul kalau kena target, panel, atau dinding stage.
  4. Pemain kalah kalau bola sampai jatuh ke sisi bawah layar
  5. Pemain akan dapat nilai untuk setiap target yang dihancurkan
kira-kira main game flow-nya seperti itu, implementasi bisa beda kalo developer ingin berinovasi. Dari main game flow ini saja kita sudah dapat beberapa hal untuk game kita:
  1. Kontrol. Kita mendefinisikan apa yang pemain kendalikan dalam game, dan bagaimaa mengendalikannya (di contoh di atas, kita asumsikan dengan tombol panah)
  2. Tujuan. Tujuan contoh di atas adalah menghancurkan semua target.
  3. Kondisi kalah. Kondisi kalah adalah sesuatu yang mengakibatkan pemain kalah dalam game/game over. Di contoh arkanoid adalah kalau bola jatuh ke sisi bawah layar
  4. Reward. Untuk game arkanoid, reward-nya adalah dengan nilai/score, besarnya score bisa ditentukan nanti
Itulah main game flow game arkanoid, main game flow ini diulang-ulang untuk tiap level berikutnya, hanya saja ada sedikit hal yang berbeda di masing-masing level untuk meningkatkan kesulitan, misalnya saja kecepatan bola, atau pola target.

Bagaimana? sudah mengerti? Sudah ada pikiran bagaimana kamu mendesain main game flow game-mu?