Jumat, 15 Maret 2013

Game design part 4

Baiklah, sampailah kita di bagian keempat dari seri artikel tentang game design. Kalau sebelumnya aku sudah nulis soal challenge, reward, dsb, sekarang aku mau nulis soal feature. Feature ini adalah hal-hal dalam game-mu yang kamu tawarkan ke gamer. Contohnya fitur ini beda-beda tergantung genrenya juga, beberapa contohnya adalah:

  • playtime 50 jam
  • secret item
  • secret boss
  • secret character
  • new game +
dan masih banyak lagi.

Ada dua hal yang harus diingat sewaktu membuat fitur untuk game-mu:
  1. Jangan menghancurkan desain game yang sudah dibuat. Kalau kamu masih ingat soal challenge & reward, dan game flow, itu adalah hal yang jangan sampai dirusak oleh fiturmu. Mungkin aja kamu mau ngasih senjata yang hebat di game RPG, tapi kalau tidak didesain dengan hati-hati, senjata baru ini bisa membuat game jadi terlalu mudah dan gamer akan kehilangan kesenangan waktu dia menjalankan challenge (bertarung melawan monster)
  2. Jangan terlalu banyak. Suatu saat di tengah-tengah pengembangan sebuah game, kamu akan punya ide bagus baru untuk ditambahkan ke dalam game (been there, done that). Ini jelek, karena penambahan fitur baru bisa menambah development time, dan lagi di sisi programming bisa menimbulkan bug baru yang akan membuat stress programmer.

Jadi bagaimana mengatasi feature creep (terlalu banyak fitur)? kelompokkan fiturmu ke dalam dua kategori. Must have, dan additional. Must have berisi fitur-fitur yang harus ada dalam game, additional adalah fitur-fitur tambahan yang kalo ditambahkan ke game merupakan hal yang bagus, tapi kalau gak dimasukkan juga gak masalah. Pedomannya adalah, masukkan ide-ide fitur baru ke dalam additional, sementara kamu mengerjakan fitur-fitur must have. Semua fitur yang ada dalam must have harus diimplementasikan dalam game, sementara fitur-fitur additional cuma boleh dimasukkan selama masih ada sisa development time (belum deadline).

Jadi, segitu dulu blog post kali ini, semoga kamu bisa menghindarkan game-mu dari feature creep.