Jumat, 31 Mei 2013

Dev Blog: Kemajuan EXP Project

Masih ada yang ingat soal EXP Project? proyek game kecil yang tadinya aku targetkan untuk jadi entri bulan mei untuk one game a month. Tapi sayangnya, proyek game ini berjalan lebih lambat dari yang aku duga, lebih dari satu bulan. Kenapa? karena ternyata membuat sistem pertarungan yang berjalan otomatis itu lebih susah dari yang aku kira. Sebenarnya sih, dari game design yang sudah pernah aku post di sini, membuat implementasinya itu gampang, tapi ada hal yang tidak aku duga sebelumnya. Pertarungan berjalan cepat banget. Melawan satu musuh bisa kurang dari satu detik, begitu musuh muncul, langsung mati terkena serangan bertubi-tubi dari pemain. Padahal aku inginnya sesudah menyerang, ada jeda waktu sedikit baru kemudian menyerang lagi, supaya pertarungan bisa dilihat pemain. Ini sudah aku atasi, tapi kemudian muncul bug lain di penghitungan damage, dan ini makan waktu agak lama buat dibereskan.

Akhirnya, karena kesibukanku yang lain, kelihatannya EXP project ga bisa selesai bulan mei ini. Aku akan menyelesaikannya di bulan depan (semoga). Karena progress-nya sendiri sudah cukup bagus. Skill tree (atau lebih tepat disebut stats tree) sudah aku buat. Fungsionalitasnya juga sudah mulai jalan, kelihatannya tinggal polishing saja sih (semoga), dan mengatasi berbagai bug yang mungkin akan muncul.

Sementara ini, aku ingin melihatkan stats tree yang sudah aku buat untuk karakter. Rencananya nanti setiap naik level, pemain akan dapat poin yang bisa digunakan untuk mengaktifkan satu titik di stats tree.


penjelasan:
Node hijau: HP node
Node merah: ATK node
Node oranye: DEX node
Node silver: DEF node
Node pink: LUK NODE
Node biru muda: HIT node
Node biru tua: EVA node

Masing-masing sisi tree ini akan membentuk build tersendiri bagi karakter. Jadi di tree ini, pemain yang fokus menaikkan ATK dan DEF, akan berakhir dengan EVA dan HIT yang rendah, begitu juga untuk yang lain. HP tersebar di banyak tempat, karena kalau nggak begitu, HP pemain ga bertambah.

Mungkin segitu dulu. Aku harap game ini bisa selesai bulan depan. Sampai ketemu di blog post berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar