Kamis, 17 September 2015

The King of Fighters XIV, penantang baru dalam dunia persilatan!







Satu dari sekian banyak game yang dipamerkan oleh Sony dalam acara press conference mereka adalah game dari SNK Playmore yang terkenal dengan game fighting mereka, King of Fighters. Melanjutkan dari entri terakhir mereka, kini developer ini menunjukkan King of Fighters XIV. Hanya ada sebuah trailer berdurasi beberapa detik dan itu pun baru menunjukkan gameplay standar dari sebuah fighting game, jadi pastinya SNK Playmore punya banyak informasi yang disembunyikan di balik layar.



Satu hal yang mencolok dari trailer ini adalah bergantinya grafis King of Fighters dari dulunya 2D ke 3D. Sebenarnya ini bukanlah hal yang terlalu mengejutkan, saya sendiri sudah memperkirakan bahwa game terbaru dari seri King of Fighters akan berganti grafis ke 3D, melihat sudah ada beberapa game fighting yang kini memiliki grafis 3D dengan gameplay yang tetap 2D (street fighter V dan Guilty Gears Xrd adalah contohnya). Tapi eksekusinya terlihat masih jauh dari seri fighting game lainnya.



Grafis game ini bukanlah 3D cel-shading seperti Guiilty Gears Xrd, maupun grafis yang sedikit realistis seperti Street Fighter V. Kelihatannya SNK Playmore seperti kekurangan budget untuk disuntikkan ke dalam pengembangan game ini, dan akhirnya mereka harus puas dengan grafis ala PS2. Sebenarnya saya berharap grafis dalam game ini bisa lebih bagus dari ini, mengingat sebelumnya sudah ada game King of Fighters yang memiliki grafis 3D.



Mampukah entri terbaru ini bertarung melawan Street Fighters V dan Guilty Gears Xrd? ataukah harus menerima kekalahan telak dalam dunia persilatan? Sepertinya ini masih terlalu awal untuk menilai.