Kamis, 17 April 2014

Story dev: Shaping up your country

Hai semuanya, jumpa lagi dengan aku di seri berikutnya dari seri story dev. Kalau sebelumnya kita sudah membahas soal inti cerita dan karakter cerita, di seri ketiga ini aku akan membahas soal tempat di mana karakter kita hidup: Negara. Pada dasarnya aku akan membahas tentang gimana cara membuat negara & budaya yang believable untuk cerita kita. Jadi mari kita mulai!

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus kita pikirkan ketika membuat negara, hal-hal ini nggak diurutkan berdasarkan tingkat kepentingan.


  • Batas umur rata-rata: Ini adalah umur rata-rata penduduknya sebelum mereka akhirnya mati karena usia. Bisa berumur 80an untuk batas umur wajar manusia pada umumnya, atau mungkin orang-orang di sini bisa hidup sampai lebih dari 100 tahun? Kalau ras penduduknya bukan manusia berapa lama mereka punya harapan hidup?
  • Kekuatan khusus: Ini adalah kemampuan yang hanya dimiliki oleh penduduk negara ini. Apakah mereka punya kekuatan fisik yang lebih kuat dibanding bangsa lain? Atau mungkin mereka lebih cerdas dan memiliki kemampuan sihir yang lebih tinggi?
  • Core values: ini adalah nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat negara itu. Apakah masyarakatnya lebih religius? Apakah mereka menghormati para leluhur? Atau lebih mementingkan kekuatan perang dan harga diri yang didapat dari pertarungan?
  • Cultural strength: Ini adalah kelebihan bangsa ini dibandingkan dengan bangsa lain. Perbedaannya dengan poin kekuatan khusus di atas adalah, kekuatan khusus lebih spesifik masing-masing individu sedangkan cultural strength adalah kelebihan keseluruhan satu bangsa lain. Contohnya, satu bangsa bisa saja lebih ahli dalam teknologi sementara bangsa lain lebih mementingkan perdagangan.
  • Cities: Ciri khusus apa yang dimiliki oleh masing-masing kota di negara ini. Kota yang lebih mementingkan perdagangan akan punya distrik perdagangannya sendiri, sementara kota yang lebih mementingkan pendidikan akan punya universitas dan perpustakaan besar.
  • Interaction with other cultures: Bagaimana hubungan negara ini dengan negara tetangganya? Bagaimana hubungan perdagangan? Adakah yang sedang berperang dengan bangsa ini? Atau mungkin bangsa ini adalah bangsa yang tertutup dan tidak melakukan kontak sama sekali dengan negara tetangganya?
  • Religion: Seperti apa agamanya? Politeis? Monoteis? atau memuja para spirit di alam ini?
  • Education: Sepintar apa penduduknya? Berapa banyak orang yang bisa membaca? Apakah ada ilmuwan atau filsuf di negara ini? Bagaimana dengan keluarga petinggi negara, apakah mereka mendapat tingkat edukasi yang sama ataukah ada perlakuan khusus?
  • Class system: Ini mengatur sistem sosial masyarakat di negara ini. Apakah negara ini punya sistem kasta? Ada berapa kasta dan apa perbedaan masing-masing kasta? Kalau tidak ada kasta, apakah perlakuan terhadap pria dan wanita sama atau ada perbedaan?
  • Value of life: Bagaimana penduduk negara ini menghargai sebuah nyawa? Apakah mati dalam perang dianggap sama dengan kematian yang lain? Bagaimana kalau orang itu melakukan bunuh diri seperti seppuku seperti di jepang?
  • Family structure: Seperti apa susunan suatu keluarga? Berapa banyak penghuni satu rumah? Apakah wajar kalau laki-laki melakukan poligami? Bagaimana dengan perempuan yang poliandri? Apakah cucu dan kakeknya tinggal satu atap atau terpisah?
  • Pair bonding: Bagaimana seorang pria menikahi wanita? Apakah bertemu sendiri atau dijodohkan oleh orang tua? Sesudah menikah, apakah perceraian merupakan hal yang wajar atau tidak?
  • Children: Bagaimana penduduknya membesarkan seorang anak, apakah dilakukan oleh orang tua itu sendiri atau dilakukan oleh pembantu? Atau dititipkan oleh kakeknya? Berapa banyak anak yang biasanya dimiliki oleh satu keluarga? Pada umur berapa seorang anak dianggap dewasa? Apakah ada upacara khusus ketika si anak mencapai kedewasaan?
  • Agriculture: Apa saja hasil bumi yang dihasilkan oleh negara ini?
  • Government: Seperti apa bentuk pemerintahannya? Kerajaan kah atau bentuk lain? Apakah raja memerintah sendiri atau adakah penasihat? Bagaimana proses pergantian kekuasaannya? Apakah pergantian kekuasaan ini selalu berjalan mulus atau adakah pergolakan besar di kerajaan ini sewaktu menentukan raja berikutnya? Apakah anak raja selalu pasti menggantikan ayahnya? Bagaimana kalau si anak raja ini umurnya masih terlalu muda?
  • Industry: Apakah hasil produksi di negara ini? Kerajinan kayu? Kerajinan keramik? Atau lebih ke produksi besi seperti senjata? Dari mana bahan baku produksinya didapat?
  • Trades: Apa saja barang-barang yang dijual oleh negara ini dan ke mana dijualnya? Adakah barang lain yang diimpor oleh negara ini? Apakah jalur perdagangan selalu aman? Seberapa besar kemungkinan serangan bandit?
  • War technology: Seperti apa kemajuan kemampuan perang negara ini? Apakah lebih maju dalam hal sihir ataukah persenjataan berat? Bagaimana dengan angkatan lautnya? Atau pertahanan antar negaranya?
Huuuf... itu daftar yang cukup panjang, dan kurasa cukup lengkap. Dari situ kalian bisa membuat sebuah kerajaan yang cukup detil. Atau mungkin ada lagi yang ingin kalian tambahkan dalam daftar itu? silahkan bagi pikiran kalian di kolom komentar. Sampai ketemu lagi di blog post berikutnya!