Sabtu, 26 April 2014

Tutorial: Bagaimana membuat cut scene di Construct 2?

Halo, ketemu lagi di blogku. Untuk kali ini aku ingin melanjutkan tentang membuat sisi cerita dari game dengan menggunakan Construct 2. Mungkin sesudah mengikuti tutorial sebelumnya (dan aku harap kalian bereksperimen sedikit dengan tutorial itu) kalian bertanya-tanya "Hei, ini adalah cara membuat dialog lalu bagaimana dengan cut scene?", memang membuat cut scene adalah tahapan berikutnya dari tutorialku yang akan kulanjutkan sekarang ini, jadi baca terus ya.

Hal pertama yang aku ingin kalian ingat adalah adanya aturan dalam membuat cut scene, aturan ini adalah: selama cut scene berlangsung, input dari pemain harus diabaikan. Aturan ini harus diingat karena akan mempengaruhi coding yang akan kita lakukan.

Pertama-tama yang akan kita lakukan adalah membuat Text object seperti sebelumnya, lalu buat satu Sprite object yang akan berperan sebagai karakter dalam cut scene kita ini. Jangan lupa tambahkan global variable yang seperti yang kita buat di tutorial sebelumnya. Perubahan pertama yang akan kita buat adalah menambahkan satu global variable bernama allowInput dengan nilai awal 0, variable ini yang akan menentukan kapan kita akan mengabaikan input dari pemain.

Kemudian tambahkan event berikut ini:


event ini akan melanjutkan jalan cerita ketika pemain menekan enter hanya jika nilai allowInput adalah 1, kalau kita ingin mengabaikan input kita tinggal mengganti nilainya ke 0 dan game akan mengabaikan input pemain.

Berikutnya untuk bisa menggerakkan pemain kita akan memasangkan 8 direction behaviour, karena behaviour ini memudahkan kita untuk menggerakkan karakter dalam tipe game up down view seperti RPG klasik. Jangan lupa untuk mengganti beberapa properties-nya sedikit.


Kemudian untuk cut scene kita akan membuat susunan event seperti di bawah ini:


rangkaian event itu masih terdapat dalam satu scene yang sama, dan kalau kita preview project kita sekarang maka kita akan bisa melihat sebuah cut scene pendek yang baru saja kita buat. Oh iya, jangan lupa kalau nilai awal allowInput di start of layout harus 1, kalau nggak kita nggak bisa melanjutkan ceritanya.

Oke, kelihatannya sampai di situ dulu blog post kali ini. Sampai ketemu lagi di tulisanku berikutnya! Ciao!