Senin, 21 April 2014

Tutorial: Bagaimana cara membuat sisi cerita dari RPG di Construct 2?

Hi semua, kelihatannya entah kenapa aku lagi rajin nulis blog bulan ini, semoga aja di bulan Mei aku juga tetap rajin. Kali ini aku ingin kembali menulis sesuatu tentang RPG, setelah sebelumnya aku beberapa kali menulis soal cerita dalam RPG sekarang aku akan mencoba menulis tentang cara membuatnya di Construct 2, jadi ayo kita mulai.

Pertama-tama kita akan membuat dua buah global variable, action dan scene. Variable scene adalah untuk menandakan peristiwa apa yang sedang berlangsung, karena bisa saja dalam satu map ada beberapa event yang terjadi jadi kita menggunakan variable sendiri untuk menandai event itu. Action adalah tindakan yang sedang terjadi, biasanya tindakan ini adalah percakapan karakter, usahakan action selalu bernilai 1 di awal scene untuk memudahkan kita nantinya.


Hampir lupa, kita juga sebaiknya buat juga constant variable untuk memberi nama scene kita, karena sewaktu scene kita sudah banyak (lebih dari 10 misalnya) kita akan susah mengingat scene yang mana untuk kejadian yang mana, jadi baiknya kita membuat sebuah const untuk ini.

Sesudah itu buatlah sebuah Text object untuk tempat percakapan terjadi nantinya. Lalu tambahkanlah Keyboard object untuk user input, buatlah event berikut di event sheet.



Event sheet itu akan membuat object text untuk menampilkan percakapan sesuai dengan nilai scene dan action, bisa dilihat kalau scene bernilai SCENE_NONE maka teks akan kosong. Kalau kita preview proyek kalian sekarang maka kita hanya akan melihat layar putih sampai kita menekan tombol S untuk mengubah scene menjadi SCENE_1_1, tapi kenapa sesudah itu teks hanya menampilkan satu dialog saja? Ini karena kita tidak melakukan apa-apa untuk mengubah nilai action.


Kalau kita tambahkan event di atas maka nilai action akan bertambah dan kita pun akan bisa melihat sisa dialognya. Oh iya, aku juga mengembalikan nilai action menjadi 1, supaya kita bisa mengulang dialognya dari awal lagi.

Kalau kita preview sekarang kita bisa menekan tombol S untuk memulai ceritanya, kemudian menekan tombol enter untuk meneruskan dialognya. Kalian bisa mengembangkan dari contoh ini untuk membuat sistem percakapan di game kalian sendiri nantinya.

Gimana pendapat kalian soal sistem ini? Sederhana bukan? Atau mungkin ada yang kalian tidak mengerti? Silahkan tuliskan di bagian komentar di bawah. Sampai ketemu di blog post berikutnya!